Iklan


Terima Audiensi BNNK Tapsel, Andar: Narkoba Masih Menjadi Momok, Saya Sudah Rasakan Diisukan Menggunakan Narkoba

Redaksi Dalto Media
Selasa, 26 Januari 2021 | 23:18 WIB Last Updated 2021-01-26T16:20:11Z

Bupati Paluta Andar Amin Harahap audiensi dengan BNNK Tapsel, Selasa (26/1/2021).


DALTONEWS.COM, PALUTA - Bupati Padang Lawas Utara (Paluta) Andar Amin Harahap, bersama Asisten I dan beberapa pimpinan OPD menerima kunjungan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) di Ruang Kerja Bupati Paluta, Selasa (26/1/2021).

Pihak BNN Kabupaten Tapsel menjelaskan kunjungan kerja tersebut dalam rangka penjajakan kerjasama di antara kedua belah pihak, terutama pelaksanaan program Desa Bersih Narkoba (Desa Bersinar) dalam bidang pencegahan penyalahgunaan narkotika dan rehabilitasi bagi pengguna narkotika demi memperoleh hasil pencegahan yang efektif serta menyatukan pemahaman dan keterpaduan langkah dalam pelaksanaan pencegahan penyalahgunaan narkoba.

Bupati Paluta Andar Amin Harahap mengatakan sangat mengapresiasi langkah BNN Kabupaten Tapsel yang mau berkoordinasi dengan pihak Pemerintah Kabupaten Paluta dalam penanganan masalah narkoba di Kabupaten Paluta.

"Saya sangat apresiasi atas kedatangan bapak ibu dari BNN Kabupaten Tapsel, saya akan dukung program-program BNN dalam upaya pencegahan dan penanganan narkoba di Paluta, kami akan upayakan dalam beberapa kegiatan kedepannya mungkin bisa disandingkan dengan BNN sebagai upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba di Kabupaten Paluta," ujarnya.

Andar juga menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Paluta sudah melakukan beberapa langkah nyata bersama BNN Kabupaten Tapsel seperti mewajibkan tes urine kepada calon kepala desa sebagai upaya pencegahan narkotika di Kabupaten Paluta.

"Kita sudah lakukan beberapa upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba di Kabupaten Paluta seperti mewajibkan tes urine untuk calon kepala desa, kedepannya mungkin kita juga akan lakukan tes urine kepada pimpinan OPD hingga ke struktural dibawahnya, karena menurut saya orang yang menggunakan narkoba adalah orang yang tidak dapat dipercayai, bagaimana mungkin saya menggantungkan kepercayaan kepada pengguna narkoba," tegasnya.

Menurutnya, orang yang menyalahgunakan narkoba juga sering menjadi aib dan sumber masalah dalam masyarakat dan keluarga si pengguna narkoba, untuk itu diperlukan langkah-langkah nyata, sinergi antara pemerintah daerah dengan BNN dalam pencegahan dan rehabilitasi pengguna narkoba.

"Narkoba masih menjadi momok pada kalangan masyarakat saat ini, penggunanya sering kali menjadi aib dan sumber masalah dalam keluarganya, saya sudah rasakan capeknya bagaimana saya di isukan menggunakan narkoba dan beberapa kali ditangkap, hampir tiap minggu diisukan, mungkin kurang lebih 52 kali dalam setahun," terangnya.

Andar juga berharap ke depannya kerjasama antara kedua belah pihak dapat segera terwujud dan berjalan untuk melaksanakan program Desa Bersih Narkoba (Desa Bersinar) di Kabupaten Paluta.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Terima Audiensi BNNK Tapsel, Andar: Narkoba Masih Menjadi Momok, Saya Sudah Rasakan Diisukan Menggunakan Narkoba

Trending Now

Iklan