Iklan


Yakin Data Pribadi Kamu di Internet Aman, Cek Sekarang

Redaksi Dalto Media
Minggu, 10 Januari 2021 | 19:27 WIB Last Updated 2021-01-11T15:37:53Z
Foto: Peretas, (freepik.com)


DALTONEWS.COM, TEKNO - Pada tahun 2020 yang lalu satu e-commerce terbesar di Indonesia Tokopedia diberitakan mengalami peretasan data akun pengguna aktif yang diperkirakan sebanyak 91 juta akun pengguna aktif sejak tahun 2019, tindakan peretasan ini tentunya mempunyai dampak yang sangat merugikan bagi penggunanya.

Peretas tersebut membocorkan berbagai data milik pengguna seperti user ID, e-mail, nama lengkap, tanggal lahir, jenis kelamin, nomor ponsel, hingga password yang masih ‘ter-hash’ atau tersandi.

Jumlah data akun yang bocor sendiri diperkirakan mencapai 71.443.698 akun pengguna. Hal ini sendiri menandakan bahwa hampir seluruh akun milik pengguna di Tokopedia berhasil diambil datanya oleh peretas.

Bahkan berdasarkan penelusuran, seluruh data yang diretas kini telah dijual oleh sang peretas di darkweb dengan harga US$5.000 atau sekitar Rp 74 juta.

Selain data yang dijual, kini diketahui sudah ada 14.999.896 akun Tokopedia yang datanya saat ini bisa diunduh secara bebas. Buat kamu pengguna setia Tokopedia atau e-commerce lain sebaiknya segera cek apakah akunmu adalah salah satu yang terdampak untuk menghindari hal-hal yang merugikan serta tidak kamu inginkan nantinya.

Untuk mengetahui apakah data kamu telah mengalami kebocoran di internet, dapat kamu periksa di periksadata.com , situs ini dapat memberikan informasi apakah akun kamu telah mengalami kebocoran data hanya dengan memasukkan email yang kamu gunakan.

Masukkan Email Kamu di periksadata.com
Pada situs periksadata.com isikan email yang ingin kamu periksa dan tekan tombol periksa sekarang, mesin pencari akan memeriksa apakah email kamu telah mengalami kebocoran data.


Tanda jika email kamu aman

Jika data kamu aman, mesin pencari akan menampilkan informasi bahwa email yang kamu gunakan dalam akun-akun yang selama ini kamu gunakan dalam keadaan aman.
informasi yang muncul ketika telah terjadi kebocoran data.

Jika email telah mengalami kebocoran data, mesin pencari akan menginformasikan akun kamu yang datanya telah bocor atau dikuasai orang lain, jika ini terjadi sesegera mungkin ganti password akun kamu, gunakan kombinasi huruf, angka dan simbol agar lebih aman. Verifikasi 2 langkah juga dapat kamu gunakan agar akun yang kamu miliki menjadi lebih aman.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Yakin Data Pribadi Kamu di Internet Aman, Cek Sekarang

Trending Now

Iklan