Iklan


Pemkab Paluta Gelar Rapat Evaluasi PAD Tahun 2021

Redaksi Dalto Media
Selasa, 20 April 2021 | 22:50 WIB Last Updated 2021-04-20T15:51:30Z

Rapat Koordinasi dan evaluasi PAD triwulan I tahun 2021 di aula rapat Bupati Paluta, Selasa (20/4/2021)


Daltonews.com, Paluta - Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dan Evaluasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) triwulan pertama tahun 2021 serta evaluasi rencana target PAD tahun 2021 di ruang rapat Kantor Bupati Paluta, Selasa (20/4/2021).

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Paluta Burhan Harahap didampingi Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Patuan Rahmat P Hasibuan dan Asisten Administrasi Umum Setdakab Maralobi Siregar yang diikuti oleh kepala atau perwakilan OPD Paluta yang merupakan sumber PAD serta camat se kabupaten Paluta.

Sekdakab Paluta Burhan Harahap menyampaikan digelarnya rapat ini dimaksudkan dapat mengetahui dan mengevaluasi sejauh mana kondisi perangkat-perangkat daerah di Kabupaten Paluta dalam mencapai realisasi sesuai target yang telah direncanakan dan ingin di capai.

Dirinya pun mengajak seluruh perangkat daerah untuk bersama-sama bergerak secara maksimal dan bertanggung jawab dalam mengejar ketertingalan PAD yang masih belum tercapai, sehingga diharapkan dapat maksimal untuk kedepannya.

“Evaluasi guna mencari tahu apa permasalahan yang terjadi di bawah dan dicari jalan keluarnya sebab tiap tahun target PAD akan selalu dinaikkan,” ujarnya.

Menurutnya, masih banyak potensi-potensi pajak dan retribusi yang memang belum optimal dan hal tersebutlah salah satu yang perlu di evaluasi untuk peningkatan PAD di kabupaten Paluta. Sebab katanya, volume Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dari tahun ke tahun meningkat yang artinya hal tersebut membutuhkan  tambahan pendapatan untuk kelancaran pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan daerah.

Untuk itu ia mengajak seluruh kalangan bisa memanfaatkan dan memaksimalkan PAD yang merupakan salah satu sumber utama pendapatan dalam APBD.

“Kalau pendapatan kita tidak bisa kita capai, pasti juga akan banyak yang tidak bisa terbayarkan. Oleh karena itu saya menginstruksikan kepada seluruh OPD kiranya harus melakukan langkah-langkah untuk pencapaian target PAD itu dengan ide atau terobosan dari kita semua untuk memperbaiki atau menciptakan potensi-potensi yang bisa mendongkrak target PAD kita kedepannya,” katanya.

Senada, Kepala BPKPD Paluta Patuan Rahmat P Hasibuan selaku leading sektor terkait pengelolaan PAD, mengajak semua OPD dan pihak Kecamatan untuk bersama-sama memaksimalkan dalam pengelolaan PAD kedepannya.

Ia juga menambahkan bahwa upaya yang akan dilakukan untuk peningkatan PAD  yaitu, dengan cara mengaplikasikan beberapa hal seperti membuat terobosan dalam membuat dan menciptakan potensi pendapatan.

“Tentunya kita semua adalah tim penambang PAD harus bekerjasama dalam mencapai target dengan upaya peningkatan intensitas pungutan maupun memperluas subyek dan obyek pajak serta penyesuaian tarif, perbaikan dan peningkatan SDM pengelola layanan, database yang handal dan penyempurnaan system ataupun membuat terobosan untuk menciptakan potensi pajak maupun retribusi,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, masing-masing perangkat daerah menyampaikan  kendala-kendala yang dihadapi, sehingga menyebabkan terhambatnya pencapaian PAD yang belum sesuai target.

Tidak lupa juga dilakukan pembahasan terkait solusi yang dibutuhkan masing-masing perangkat daerah dalam memutuskan langkah-langkah yang tepat untuk memaksimalkan realisasinya guna kemajuan pembangunan di Kabupaten Paluta. (Ar)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pemkab Paluta Gelar Rapat Evaluasi PAD Tahun 2021

Trending Now

Iklan