Iklan


Pastikan Harga dan Stok Bahan Pangan Aman Saat Idul Fitri, Satgas Pangan Paluta Lakukan Sidak

Redaksi Dalto Media
Jumat, 07 Mei 2021 | 15:29 WIB Last Updated 2021-05-07T08:30:18Z

Satgas Pangan Kabupaten Paluta saat melakukan sidak kebutuhan pokok di salah satu toko.


Daltonews.com, Paluta - Sekretaris Daerah Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) Burhan Harahap bersama Kapolres Tapanuli Selatan (Tapsel) AKBP Roman Smaradhana Elhaj menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke pasar tradisional dan modern di Gunungtua, Jumat (7/5/2021).

Dalam sidak yang dimulai pukul 10.00 Wib tersebut, turut dihadiri jajaran Polres Tapsel, Asisten II Setdakab Paluta Haholongan Siregar, Kadis Perindag Ridi AP, Kadis Pertanian Marahamid Harahap, Kepala Disnakan dan Keswan Sapri Dewasa Simamora, Kadis Ketapang Mahran SP, Kadis Kesehatan dr Sri Prihatin Harahap, Kadis Kominfo Lairar Rusdi Nasution, Kasatpol PP Darman Hasibuan, Kabag Perekonomian dan SDA Tunas Harapan Siregar Danramil 05 PB Kapt.(INF) Misran Dalimunthe, Kapolsek Padang Bolak AKP Zulfikar beserta sejumlah pihak yang tergabung dalam tim Satgas Pangan Kabupaten Paluta.

Sekdakab Paluta Burhan Harahap mengatakan bahwa sidak bersama ini merupakan langkah untuk memantau kondisi harga dan ketersediaan bahan kebutuhan masyarakat di pasar tradisional dan minimarket.

Menurutnya, meskipun ada sejumlah bahan pokok yang mengalami sedikit kenaikan harga, secara umum harga dan ketersediaan pangan masih aman untuk ketersediaan pada hari raya Idul Fitri nanti.

“Secara umum kondisi harga masih stabil dan ketersediaan pangan untuk Idul Fitri nanti masih mencukupi,” kata Sekdakab Paluta Burhan Harahap.

Senada, Kapolres Tapsel AKBP Roman Smaradhana Elhaj menyampaikan bahwa sidak ini dilakukan untuk memantau langsung ketersediaan bahan pokok penting (Bapokting) jelang hari raya Idul Fitri tahun 2021.

Katanya, tim sudah melakukan peninjauan ke sejumlah toko modern seperti Indomaret maupun Alfamidi serta pedagang sembako dan pasar tradisional, tidak ditemukan kenaikan harga yang signifikan maupun kelangkaan bahan pokok.

“Dari hasil pantauan kita, dapat dipastikan bahwa bahan pokok penting kebutuhan masyarakat ini secara umum tidak mengalami kenaikan harga dan ketersediaan atau stok menghadapi lebaran ini masih aman,” ujarnya kepada awak media.

Ia juga mengingatkan para pedagang, distributor, agen, grosir dan para suplier agar tidak melakukan penimbunan bahan pokok kebutuhan masyarakat guna menjamin tidak terjadinya kelangkaan.

Pada kesempatan ini Kapolres Tapsel AKBP Roman Smaradhana Elhaj juga meminta masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan saat berbelanja di pasar tradisional guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Untuk pengunjung pasar baik pembeli maupun penjual, tetap patuhi prokes seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak satu sama lain,” pesannya.

Selain melakukan peninjauan kondisi harga dan ketersediaan bahan pokok, rombongan yang tergabung dalam tim Satgas Pangan juga melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah barang dagangan apakah masih layak dijual atau sudah kadaluarsa.

Dalam sidak tersebut ditemukan beberapa produk yang telah kadaluarsa dan sudah tidak layak jual, Satgas Pangan kemudian menyarankan kepada penjual untuk tidak di jual lagi dan sebagian juga disita oleh tim Satgas Pangan untuk dimusnahkan. (Ar/red)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pastikan Harga dan Stok Bahan Pangan Aman Saat Idul Fitri, Satgas Pangan Paluta Lakukan Sidak

Trending Now

Iklan