Iklan


Lestarikan Budaya dan Kearifan Lokal, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Paluta Launching Film Daerah

Redaksi Dalto Media
Rabu, 25 Agustus 2021 | 23:06 WIB Last Updated 2021-08-25T16:52:45Z

Foto: Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Paluta Eva Sartika Siregar saat menyerahkan CD film 'Palakka Boru' Kepada Sekdakab Paluta, (25/08). (Istimewa)


Daltonews.com, Paluta - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) menyelenggarakan acara Launching Film Perdana 'Palakka Boru' sekaligus Nonton Bersama di Gedung Serbaguna Kantor Bupati Paluta, Rabu (25/08/2021).

Acara launching film 'Palakka Boru' tersebut dibuka langsung oleh Bupati Paluta Andar Amin Harahap yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Paluta Burhan Harahap, didampingi Kadis Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Paluta Eva Sartika Siregar, dan dihadiri oleh Pimpinan OPD, Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Paluta beserta jajarannya, pemeran film 'Palakka Boru', serta tamu undangan lainnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Paluta Burhan Harahap, dalam sambutannya mengatakan bahwa film 'Palakka Boru' menjadi salah satu bahan publikasi yang efektif guna melestarikan kebudayaan yang ada di Kabupaten Paluta, dikarenakan kebudayaan di Kabupaten Paluta harus menjadi salah satu prioritas mengingat kebudayaan Kabupaten Paluta termasuk ke dalam kekayaan budaya Indonesia yang penting bagi pengembangan sejarah dan ilmu pengetahuan.

"Ini merupakan salah satu cara efektif dalam mempublikasikan budaya di Kabupaten Paluta, mengingat kebudayaan di Kabupaten Paluta termasuk dalam kekayaan budaya Indonesia yang harus dilestarikan," ujarnya.

Sementara, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Paluta Eva Sartika Siregar mengatakan film 'Palakka Boru' merupakan film yang mengisahkan drama percintaan anak muda dengan mengangkat budaya Kabupaten Paluta yang diharapkan dapat membangkitkan keinginan penonton untuk terus menjaga dan melestarikan budaya, adat istiadat, tradisi, dan kearifan lokal di Kabupaten Paluta.

"Melalui film 'Palakka Boru' ini kita harapkan membangkitkan keinginan penonton khususnya para milenial untuk terus menjaga dan melestarikan budaya, adar istiadat, tradisi, dan kearifan lokal yang ada di Kabupaten Paluta, " ungkapnya.

Lebih lanjut Eva mengungkapkan bahwa budaya adalah ciri khas bangsa yang tidak boleh terlupakan, tidak boleh tergerus zaman, meski zaman sudah berganti namun budaya tidak boleh mati dan harus terus dilestarikan.

Untuk diketahui, film 'Palakka Boru' karya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Paluta dapat ditonton pada kanal Youtube Disbudpar Paluta.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Lestarikan Budaya dan Kearifan Lokal, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Paluta Launching Film Daerah

Trending Now

Iklan