Iklan


Forkopimda Paluta Gelar Apel Kesiapsiagaan dan Simulasi Penanganan Karhutla

Redaksi Dalto Media
Rabu, 08 Juni 2022 | 15:21 WIB Last Updated 2022-06-08T08:42:47Z

Foto : Forkopimda Paluta melakukan simulasi penanganan Karhutla, Rabu (08/06/2022).

PADANG LAWAS UTARA - Bupati Padang Lawas Utara (Paluta) Andar Amin Harahap memimpin apel kesiapsiagaan dan simulasi penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di lokasi pembangunan Mako Polres Paluta desa Batang Baruhar Jae, kecamatan Padang Bolak, Rabu (08/06/2022).

Apel kesiapsiagaan dan simulasi Karhutla yang dimulai sekitar pukul 10.00 Wib bekerjasama dengan Polres Tapsel dihadiri Kapolres Tapsel AKBP Roman Smaradhana Elhaj, Danyon C Pelopor Sat Brimob Polda Sumut Kompol Muala Zega, Dandim 0212/TS diwakili Pabung Mayor (INF) Takbir Dahulu, Ketua DPRD Paluta Mukhlis Harahap, Sekdakab Paluta Burhan Harahap, Asisten, pimpinan OPD beserta Kabag di lingkungan Pemkab Paluta, Danramil 05 PB, Kapolsek Padang Bolak, camat beserta undangan lainnya.

Kegiatan apel diikuti oleh personel BPBD Paluta, Manggala Agni, TNI/Polri, Dinkes, Satpol PP dan Damkar, pihak perusahaan di wilayah kabupaten Paluta beserta pihak terkait lainnya.

Bupati Paluta Andar Amin Harahap dalam arahannya menyampaikan pengendalian Karhutla ini merupakan program pemerintah pusat dengan arahan presiden pada rapat nasional penanggulangan Karhutla beberapa waktu lalu yakni mengutamakan pencegahan Karhutla, infrastruktur pemantauan dan pengawasan harus sampai ke tingkat bawah, mencari solusi yang permanen, penataan ekosistem gambut, tanggap dan cepat merespon jika terdapat titik api sehingga tidak membesar dan penegakan hukum yang tegas.

“Apel kesiapsiagaan ini untuk memastikan kesiapan sarana dan prasarana serta jumlah kekuatan personel sehingga ketika terjadi Karhutla sudah siap,” ujarnya.

Katanya, untuk mencegah terjadinya Karhutla ada 6 poin penting yakni pertama memprioritaskan pencegahan melalui hotspot dan gencar lakukan patroli serta edukasi masyarakat, kedua pengontrolan harus sampai tingkat bawah dan kades ajak tokoh masyarakat dan tokoh agama. Ketiga, diharapkan semua pihak mencari solusi untuk menangani Karhutla.

Keempat, lakukan penataan lahan gambut harus terus dilaksanakan dan kelima jangan biarkan api membesar serta langkah keenam lakukan penegakan hukum tanpa kompromi.

“Kepada seluruh personel, tetap semangat dan solid. Terima kasih atas dedikasi perjuangan dalam pencegahan dan penanganan Karhutla dengan mencanangkan langit biru di bumi Balakka yang sama-sama kita cintai ini, Jangan pulang sebelum padam,” tegasnya.

Usai pelaksanaan apel kesiapsiagaan, tampak Bupati Paluta Andar Amin Harahap didampingi Kapolres Tapsel AKBP Roman Smaradhana Elhaj bersama para Forkopimda memimpin pelaksanaan simulasi penanganan bencana Karhutla dengan ikut serta memadamkan api.

Selain melakukan simulasi pemadaman api, kegiatan juga dirangkai dengan simulasi penanganan dan evakuasi masyarakat korban Karhutla oleh tenaga kesehatan dan penangkapan warga yang melakukan pembakaran lahan oleh personil Polres Tapsel.

Kegiatan juga dirangkai dengan peninjauan 5 posko oleh Bupati Paluta Andar Amin Harahap SSTP didampingi Forkompida yakni posko logistik, posko terpadu, dapur umum, posko kesehatan dan posko pengungsi.(Ar)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Forkopimda Paluta Gelar Apel Kesiapsiagaan dan Simulasi Penanganan Karhutla

Trending Now

Iklan