Iklan


Kunjungi Kabupaten Paluta, Ditjen PSP Kementerian Pertanian Serahkan Bantuan Alsintan

Redaksi Dalto Media
Minggu, 24 Juli 2022 | 06:59 WIB Last Updated 2022-07-27T15:30:48Z

Foto : Dirjen PSP Ali Jamil dan Bupati Paluta Andar Amin Harahap memanen buah sawit.

PADANG LAWAS UTARA – Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Kementerian Pertanian (Ditjen PSP Kementan) Ali Jamil melakukan kunjung ke Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), Sumatera Utara (Sumut), Sabtu (23/07/2022).

Kunjungan ini dilakukan untuk meninjau pelaksanaan panen perdana kelapa sawit yang merupakan program pemerintah yaitu Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) yang ada di Desa Batang Pane I.

Dalam kunjungan ini, Ali Jamil di sambut hangat oleh Bupati Paluta Andar Amin Harahap beserta jajarannya di balai Desa Batang Pane I, Kecamatan Halongonan Timur.

Dalam kunjungan ini Ali Jamil menyerahkan bantuan dari Menteri Pertanian berupa alat dan mesin pertanian (alsintan) senilai Rp. 845.200.000 yang secara simbolis diterima oleh Bupati Paluta Andar Amin Harahap.

"Ada sejumlah bantuan yang diberikan oleh Kementan ini untuk Kabupaten Paluta yaitu, 3 unit rehab jaringan irigasi tersier (RJIT), 1 unit pengelola pupuk organik (UPPO), 3 unit jalan usaha tani (JUT), 3 unit traktor roda 2, 2 unit cultivator, 1 unit pompa air dan 5 unit hand sprayer elektrik," sebut Ali Jamil.

Ali Jamil berharap bantuan yang diberikan oleh Kementan ini dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya untuk kemajuan pertanian di kabupaten Paluta. "Tolong dipergunakan betul alat ini, jangan sampai berhenti disalah satu rumah, atau hanya digunakan beberapa orang saja," ujarnya.

Ali Jamil yang diketahui merupakan putra asli Paluta ini mengaku sangat berjuang agar bisa mampir di Paluta, selain itu dia juga menyampaikan di bawah kepemimpinan Bupati Andar Amin Harahap yang masih tergolong muda dan energik, Paluta harus lebih maju.

Sebelumnya, Bupati Paluta Andar Amin Harahap mengucapkan mengucapkan terima kasih atas bantuan alsintan yang telah diberikan oleh Kementan melalui Ditjen PSP.

Ia berharap, bantuan tersebut dapat dikelola oleh kelompok tani yang ada untuk meningkatkan produksi pertanian di Kabupaten Paluta.

"Bantuan yang diserahkan oleh kementerian pertanian ini betul-betul dipergunakan dengan sebaik-baiknya, pak kadis tolong dikoordinir dan diawasi penggunaannya," imbuhnya.

Senada, anggota DPRD Paluta Mula Rotua Siregar yang juga turut menyambut Ali Jamil berharap kedatangan Dirjen PSP ke Paluta dapat menjadi berkah untuk pertanian di Paluta, “Semoga kedatangan pak Ali Jamil ke Paluta ini membawa berkah bagi masyarakat Paluta yang mayoritas bekerja di bidang pertanian,” ucap Mula Rotua Siregar.

Usai bertatap muka dan menyerahkan bantuan kepada warga di Balai Desa Batang Pane l, rombongan yang hadir kemudian meninjau langsung lokasi perkebunan kelapa sawit yang merupakan program pemerintah melalui Peremajaan Sawit Rakyat (PSR).(Ar)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kunjungi Kabupaten Paluta, Ditjen PSP Kementerian Pertanian Serahkan Bantuan Alsintan

Trending Now

Iklan