Iklan


Monitoring UP2K, TP PKK Paluta Kunjungi Desa Huta Pasir

Redaksi Dalto Media
Kamis, 25 Agustus 2022 | 00:21 WIB Last Updated 2022-08-24T17:21:45Z

Foto : Ketua TP PKK Paluta Ny. Ade Aan Rostiani Andar Harahap bersama OPD terkait menyerahkan bantuan peralatan pengolahan dan pengemasan makanan.

PADANG LAWAS UTARA - Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) mengunjungi desa Huta Pasir, Kecamatan Simangambat dalam rangka monitoring desa binaan PKK kategori Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K), Rabu (24/08/2022).

Kunjungan tersebut langsung dipimpin oleh Ketua TP PKK Kabupaten Paluta Ny. Ade Aan Rostiani Andar Harahap beserta pengurus TP PKK Kabupaten Paluta, Camat Simangambat Umar Bakti Harahap, Ketua TP PKK Simangambat Ny. Lisma Umar Bakti Harahap beserta pengurus PKK Kecamatan, serta OPD terkait.

Ketua TP PKK Kabupaten Paluta Ny. Ade Aan Rostiani Andar Harahap dalam kunjungannya menyampaikan bahwa program UP2K memiliki peran pokok guna meningkatkan keterampilan dan keahlian kader PKK, selain itu juga berdampak kepada peningkatan ekonomi keluarga masyarakat desa.

Katanya, UP2K merupakan salah satu program kerja PKK Pokja II yang bertujuan meningkatkan kemampuan serta keterampilan dalam menambah pendapatan keluarga. Dimana kegiatan tersebut meliputi sosialisasi, pembinaan serta pelatihan bagi para kader.

“Program UP2K itu bertujuan meningkatkan ekonomi keluarga dan masyarakat melalui usaha kerajinan maupun UMKM lainnya yang dikembangkan ditengah-tengah masyarakat desa,” ujarnya.

Ade juga menyebutkan untuk mencapai kemajuan dan peningkatan ekonomi tersebut, semua kader harus bisa bersinergi mulai tingkat desa sampai tingkat kabupaten.

Selain itu kader desa juga harus dapat membaca peluang terhadap peningkatan pendapatan keluarga yang salah satunya pelatihan dan keterampilan dibidang, baik bidang kerajinan tangan maupun bidang kuliner yang tentunya dapat menambah pendapatan keluarga.

“Kader harus saling membantu dan bisa membaca peluang untuk mengembangkan usaha berbentuk industri rumah tangga, tentunya ini akan menjadi perhatian pemerintah dalam pengembangan kedepannya,” terangnya.

Selain terus memberikan motivasi kepada pengurus PKK Desa Huta Pasir dan masyarakat desa yang hadir, Ade juga mengatakan bahwa pemerintah akan memberikan dukungan dan bantuan kepada masyarakat di Desa Huta Pasir.

“Kita akan dukung untuk pengembangan usaha ibu-ibu, saya bersama OPD yang hadir tentunya akan mensupport dan memberikan bantuan kepada ibu-ibu dalam pengembangan usaha yang ibu-ibu sudah jalankan saat ini,” ujarnya.

Dalam kunjungan tersebut, Ketua TP PKK Paluta beserta OPD yang hadir menyerahkan bantuan berupa peralatan untuk memproduksi berbagai olahan makanan seperti blender, mixer, kompor, mesin pengemasan makanan dan peralatan lainnya.(Ar)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Monitoring UP2K, TP PKK Paluta Kunjungi Desa Huta Pasir

Trending Now

Iklan