Iklan


Ratusan Kader Ikuti Workshop PBDKI yang Digelar Dinas P3AP2KB Paluta

Redaksi Dalto Media
Selasa, 27 September 2022 | 15:00 WIB Last Updated 2022-09-27T08:00:27Z

Foto : Kegiatan workshop berlangsung.

PADANG LAWAS UTARA - Bupati Padang Lawas Utara (Paluta) Andar Amin Harahap diwakili oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak serta Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3A dan P2KB) kabupaten Paluta Hasbullah Harahap membuka Workshop Pemuktahiran Basis Data Keluarga Indonesia (PBDKI) bagi kader untuk 33 Kabupaten/Kota di Aula serbaguna kantor Bupati Paluta, Selasa (27/09/2022).

Kegiatan workshop PBDKI tahun 2022 ini diikuti oleh kader-kader yang ada di seluruh wilayah kabupaten Paluta dengan menghadirkan narasumber Erika dari BKKBN Sumatera Utara (Sumut).

Dalam sambutan Bupati Paluta yang disampaikan Kadis P3A dan P2KB Paluta Hasbullah Harahap mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan lima tahunan BKKBN untuk mendapatkan data keluarga Indonesia sesuai UU No 52 tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan.

Katanya, workshop ini sangat penting dan strategis untuk memantapkan komitmen, menyamakan persepsi, dan meningkatkan kompetisi dalam upaya pencapaian kualitas data dan informasi Bangga Kencana melalui Sistem Informasi Keluarga (SIGA).

"Saya yakin bahwa peserta workshop dan juga kader pendata terdiri dari orang-orang yang kuat dan tangguh, memiliki tanggung jawab dan loyalitas yang tinggi, serta dilandasi semangat mengabdi pada kemajuan Kabupaten Paluta," ujarnya.

Ia menyampaikan workshop PBDKI merupakan kegiatan untuk memutakhirkan data keluarga Indonesia dengan cara melengkapi, memperbaiki, memperbaharui, mencatat mutasi, mencatat migrasi, dan mendata keluarga baru yang belum ada pada data hasil pendataan keluarga melalui kunjungan rumah dengan cara mewawancarai atau mengobservasi keluarga.

Dalam pelaksanaan PBDKI tersebut, dirinya menyebut perlu disiapkan kebijakan dan strategi, dukungan teknologi informasi, dukungan teknis lini lapangan, mekanisme manajemen data, anggaran dan pengorganisasian lapangan, hingga aplikasi dan dashboard, termasuk menyiapkan SDM di lapangan baik itu petugas lapangan maupun kader pendata.

"Mengingat pentingnya pelaksanaan PBDKI dalam rangka penyediaan data dan informasi di daerah, maka perlu dilakukan konsolidasi, sosialisasi dan diskusi bersama dengan seluruh kader pendata di tingkat desa/kelurahan," katanya.

Untuk itu dirinya mengucapkan terima kasih kepada semua peserta workshop, kader dan para pihak yang telah berperan serta dalam menyukseskan kegiatan tersebut.

Lanjutnya, peningkatan pemuktahiran basis data untuk memutakhirkan data keluarga Indonesia dengan cara melengkapi, memperbaiki, memperbarui, mencatat, mutasi dan mencatat migrasi.

"Terima kasih saya ucapkan atas kinerja para peserta yang hadir dalam acara workshop dan selamat serta sukses untuk peserta yang merupakan kaum ibu di Kabupaten Paluta," ucapnya.

Sementara itu, Kabid Advokasi, KIE dan Pergerakan Dinas P3A dan P2KB Paluta Lili Diana Fitri menyampaikan, bahwa kegiatan ini diikuti oleh sekitar 200 orang kader yang berasal dari seluruh kecamatan di wilayah kabupaten Paluta.(Ar)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ratusan Kader Ikuti Workshop PBDKI yang Digelar Dinas P3AP2KB Paluta

Trending Now

Iklan