Iklan


Peringati Hari Santri Nasional Tahun 2022, Pemkab Paluta Gelar Upacara

Redaksi Dalto Media
Sabtu, 22 Oktober 2022 | 15:17 WIB Last Updated 2022-10-22T08:17:26Z

Foto : Upacara peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2022 di Paluta.

PADANG LAWAS UTARA - Memperingati Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) melaksanakan upacara di Halaman Kantor Bupati Paluta, Sabtu (22/10/2022).

Upacara peringatan Hari Santri Nasional yang mengusung tema "Berdaya Menjaga Martabat Kemanuasiaan", turut dihadiri Bupati Paluta Andar Amin Harahap, Anggota DPR RI Komisi VIII Marwan Dasopang, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Paluta Basri Harahap, Kakan Kemenag Paluta Safiruddin Harahap, Sekdakab Paluta Patuan Rahmat Syukur P Hasibuan, Pabung Paluta Kodim 0212/TS Takbir Dahalu, Ketua NU Paluta Bahrul Ulum Harahap, Ketua MUI Mukti Ali Siregar, Ketua FKUB Awaluddin Harahap, Asisten dan Staf Ahli, Pimpinan OPD, Pimpinan Pondok Pesantren se-Kabupaten Paluta, Unsur Forkompimda, serta ratusan santri/wati se-Kabupaten Paluta.

Bupati Paluta Andar Amin Harahap yang bertindak sebagai inspektur upacara dalam sambutannya membacakan amanat tertulis Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan tema "Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan" adalah bahwa santri dalam kesejarahannya selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan Indonesia.

"Ketika Indonesia memanggil, santri tidak pernah mengatakan tidak. Santri dengan berbagai latar belakangnya siap sedia mendarmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara," katanya.

Kemudian, peringatan Hari Santri bukanlah milik santri semata, hari santri adalah milik kita semua, milik semua komponen bangsa yang mencintai tanah air, milik mereka yang memiliki keteguhan dalam menjunjung nilai-nilai kebangsaan. 

Karena itu, ia mengajak semua masyarakat Indonesia, apapun latar belakangnya, untuk turut serta ikut merayakan Hari Santri. Merayakan dengan cara napak tilas perjuangan santri menjaga martabat kemanusiaan untuk bangsa Indonesia.

"Melalui momen Upacara Peringatan Hari Santri Tahun 2022 ini, mari kita bersama-sama mendoakan para pahlawan terutama dari kalangan ulama, kiai, santri yang telah syahid di medan perang demi kemaslahatan bangsa dan agama. Semoga arwah para pahlawan bangsa ditempatkan yang terbaik di sisi Allah Subhanahuwa ta’ala," ujarnya.

Usai upacara, kegiatan dilanjutkan dengan istighosah yang diikuti seluruh peserta dirangkai dengan pertunjukan dari Drumband Pondok Pesantren Pemadu.

Terlihat juga pertunjukan Pencak Silat perguruan Pagar Nusa oleh santri Pondok Pesantren Padang Bujur, Ponpes Ubar dan Ponpes Nagasaribu serta penyerahan piagam penghargaan pemenang perlombaan Hari Santri Nasional tahun 2022.(Ar)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Peringati Hari Santri Nasional Tahun 2022, Pemkab Paluta Gelar Upacara

Trending Now

Iklan