Iklan


Peringati HUT Ke-72, IDI Cabang Paluta Gelar Bakti Sosial

Redaksi Dalto Media
Jumat, 07 Oktober 2022 | 11:50 WIB Last Updated 2022-10-07T04:50:30Z

Foto : Jajaran pengurus dan anggota IDI cabang Paluta memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat desa Pangirkiran.

PADANG LAWAS UTARA - Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) menyelenggarakan bakti sosial di desa Pangirkiran, kecamatan Halongonan, Kamis (06/10/2022).

Kegiatan yang juga dalam rangka memperingati Hari Bakti Dokter Indonesia ini dipusatkan di alun-alun pasar Pangirkiran dan dipimpin langsung oleh ketua IDI Cabang Paluta dr Wanda Siregar yang dihadiri oleh Kapus Pangirkiran Asmidar STr.Keb, perwakilan camat Halongonan, Kades Pangirkiran, TP PKK Halongonan beserta masyarakat yang ingin melakukan pemeriksaan kesehatan.

Ketua IDI cabang Kabupaten Paluta dr Wanda Siregar menjelaskan adapun bentuk kegiatan yang dilaksanakan dalam bakti sosial ini antara lain pengobatan gratis, skrining penyakit tidak menular, pemeriksaan IVA Test, penyuluhan kesehatan serta senam bagi para lansia.

Katanya, selain dalam rangka memperingati HUT IDI ke-72 dan Hari Bakti Dokter Indonesia, bakti sosial ini merupakan sumbangsih IDI kepada masyarakat Kabupaten Paluta dan mendukung pemerintah dalam menekan kasus penyakit tidak menular di kabupaten Paluta.

"Kegiatan ini sebagai sumbangsih IDI kepada masyarakat dan membantu Pemkab menekan kasus penyakit tidak menular melalui skrining. Karena kita juga menurunkan dokter spesialis penyakit dalam dari rumah sakit," jelasnya.

Katanya, target pasien yang akan dilayani awalnya sebanyak 100 orang. Namun karena antusiasme masyarakat yang cukup tinggi, ada 115 orang masyarakat yang dilayani secara gratis ditambah 2 orang warga yang menjalani IVA Test secara gratis.

Tambahnya, kegiatan ini terlaksana dengan anggaran yang bersumber dari kas IDI Paluta serta sumbangsih dari kalangan pengurus dan anggota IDI cabang Paluta.

"Terima kasih kepada masyarakat yang hadir dan staf puskesmas Pangirkiran serta kader Posyandu desa dan seluruh pihak yang membantu kelancaran kegiatan ini," ucapnya.

Sementara itu, Camat Halongonan Amir Hakim Siregar yang diwakili Panggoloman Hasibuan  mengatakan bahwa pihaknya sangat menyambut baik kegiatan tersebut, karena membantu pemerintah kecamatan untuk memelihara kesehatan warga utamanya warga lanjut usia (lansia).

"Terima kasih kepada IDI Cabang Paluta karena melalui kegiatan ini, kami bisa berperan serta dalam mencegah terjadinya penyakit di masyarakat dengan kegiatan promotif dan kegiatan preventif," ungkapnya.(Ar)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Peringati HUT Ke-72, IDI Cabang Paluta Gelar Bakti Sosial

Trending Now

Iklan