Iklan


Sukseskan Pemilu Serentak 2024, KPU Paluta Sosialisasikan Peranan Aktif Media Kepada Pers

Redaksi Dalto Media
Senin, 21 November 2022 | 18:05 WIB Last Updated 2022-11-21T11:05:38Z

Foto : KPU Paluta dan peserta sosialisasi foto bersama.

PADANG LAWAS UTARA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) mengadakan sosialisasi peran aktif media untuk mensukseskan pemilihan umum serentak tahun 2024 di aula Hotel Sapadia, Gunungtua, Senin (21/11/2022).

Sosialisasi yang mengangkat tema "Peran aktif media untuk mensukseskan pemilihan umum serentak tahun 2024" tersebut dibuka oleh ketua KPU Paluta Ongkusyah Harahap dihadiri komisioner KPU Paluta Yusran Harahap, Lidiyawati Harahap, sekretaris KPU Paluta AM Daulay dan diikuti oleh kalangan pers yang merupakan perwakilan media di wilayah kabupaten Paluta.

Dalam sosialisasi tersebut, bertindak sebagai narasumber antara lain Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Paluta Lairar Rusdi Nasution, Kapolres Tapsel AKBP Imam Zamroni diwakili Kanit I Sat Intelkam Bagian Politik Iptu Titus D, Kajari Paluta yang diwakili Kasi Pidum Dona Martinus dan Komisioner KPU Paluta Bidang Sosdiklih, Parmas dan SDM Muhammad Nafsir Rambe.

Ketua KPU Kabupaten Paluta Ongkusyah Harahap dalam sambutannya menyampaikan bahwa untuk menyukseskan pemilu tahun 2024 pihaknya menggandeng berbagai pihak, salah satu di antaranya adalah media massa.

Dan salah satu tujuan utamanya adalah agar informasi dari KPU tersampaikan seluas-luasnya kepada masyarakat. 

"Kami berharap dengan adanya pertemuan ini rekan-rekan media diharapkan dapat memberitakan tentang Pemilu serentak tahun 2024 dan menciptakan suasana kondusif sehingga tidak terjadi permasalahan di tengah masyarakat mengingat setiap jelang Pemilu suhu politik meningkat," ujarnya.

Menurutnya, media massa merupakan salah satu pihak yang memberikan pendidikan kepada khayalak umum dan media juga bisa menjadi kontrol sosial yang bisa mengontrol segala dinamika yang ada.

Ia juga mengungkapkan, perlunya menggandeng media untuk turut memberikan edukasi kepada publik, dan juga sebagai kontrol kepada KPU, apabila ada sesuatu dari pihaknya yang tidak sesuai peraturan maupu regulasi. 

"Dan yang paling penting adalah, banyak informasi yang akan kita sediakan untuk masyarakat mengenai Pemilu 2024 melalui media. Untuk itu kami berharap kepada media untuk bisa bersinergi bersama kami demi kesuksesan Pemilu serentak tahun 2024," harapnya.

Ketua Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM Muhammad Nafsir Rambe dalam pemaparannya menyampaikan materi dasar kegiatan Sosialisasi UU Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu dan PKPU Nomor 3 tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihaan Umum tahun 2024.

Katanya, dengan keterlibatan media massa diharapkan partisipasi masyarakat di Pemilu 2024 mendatang menjadi lebih aktif.

"Bersama media, kita sampaikan informasi seluas-luasnya sehingga dari ketidaktahuan, muncul kepedulian dan keterlibatan masyarakat yang lebih aktif  dalam penyelenggaraan pemilu 2024 nanti," tandasnya.

Ia menambahkan, bahwa keterlibatan masyarakat tersebut diantaranya adalah aktif mengecek apakah dirinya terdaftar sebagai pemilih atau melibatkan diri sebagai penyelenggara mulai dari PPK, PPS maupun KPPS.

"Dengan adanya peranan aktif media, mari kita sukseskan Pemilu serentak tahun 2024 khususnya di Kabupaten Paluta," ujarnya.

Pantauan, pihak KPU Paluta juga menyampaikan berbagai kegiatan tahapan Pemilu serentak tahun 2024 yang sudah dilaksanakan diantaranya verifikasi faktual Parpol, pemutakhiran data pemilih serta sejumlah tahapan lainnya.

Kegiatan juga dirangkai dengan sesi tanya jawab oleh peserta kepada narasumber seputar pelaksanaan Pemilu serentak tahun 2024.(Ar)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sukseskan Pemilu Serentak 2024, KPU Paluta Sosialisasikan Peranan Aktif Media Kepada Pers

Trending Now

Iklan