Iklan


Penuhi Indikator KLA, Dinas P3AP2KB Gelar Kegiatan Penyusunan Profil KLA

Redaksi Dalto Media
Kamis, 01 Desember 2022 | 21:36 WIB Last Updated 2022-12-01T17:13:01Z

Foto : Asisten Bidang Administrasi Umum Setdakab Paluta Maralobi Siregar saat membuka acara.

PADANG LAWAS UTARA - Sebagai upaya dalam mewujudkan Kabupaten Layak Anak (KLA), Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Serta Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) menggelar kegiatan Penyusunan Profil KLA Kabupaten Paluta tahun 2022 di aula Dinas P3AP2KB Paluta, Kamis (01/12/2022).

Kepala Dinas P3AP2KB Paluta Hasbullah Harahap dalam laporannya mengatakan kegiatan ini digelar dalam rangka upaya untuk pemenuhan hak anak dan perlindungan anak serta untuk meningkatkan predikat KLA Paluta.

"Melalui kegiatan ini diharapkan OPD terkait yang hadir dapat memahami langkah-langkah dan upaya yang harus dilakukan dalam pemenuhan hak-hak anak di Kabupaten Paluta dalam memenuhi indikator KLA," ujarnya.

Senada, Bupati Paluta Andar Amin Harahap yang diwakili oleh Asisten Bidang Administrasi Umum Setdakab Paluta Maralobi Siregar dalam sambutannya menyampaikan Pemkab Paluta terus berupaya dalam pemenuhan hak anak.

"Pemkab Paluta termasuk lembaga masyarakat, dunia usaha dan media massa bersama-sama, berkomitmen dan bergandeng tangan dalam mewujudkan Kabupaten Paluta menjadi KLA, melalui penyusunan profil KLA ini nantinya diharapkan indikator-indikator KLA dapat terpenuhi," jelasnya.

Sementara, narasumber dalam kegiatan tersebut, Muhammad Jailani menyampaikan ada 9 komponen kunci dalam indikator KLA yang harus diperhatikan dalam mewujudkan KLA.

"Adanya peraturan/kebijakan daerah tentang indikator terkait, program dan persentase anggaran yang adialokasikan, SDM yang membidangi terlatih konvensi hak anak, keterlibatan forum anak dalam penyusunan kebijakan, kemitraan antar perangkat daerah, keterlibatan lembaga masyarakat dalam pelaksanaan program, kemitraan dengan dunia usaha, kemitraan dengan media dan inovasi untuk mencapai indikator," urainya.

Terpisah, Kabid P3A Dinas P3AP2KB Lia Damanik menyampaikan penilaian Kabupaten Paluta dalam menuju KLA berada pada peringkat utama dengan skor 813 poin.

"Saat ini berapa pada peringkat utama, selangkah lagi menuju KLA, untuk itu seluruh stakeholder harus bersama-sama dan bergandengan tangan dalam memenuhi indikator yang telah ditentukan untuk menjadikan kabupaten Paluta menjadi KLA," pungkasnya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Penuhi Indikator KLA, Dinas P3AP2KB Gelar Kegiatan Penyusunan Profil KLA

Trending Now

Iklan