Iklan


Bupati Buka Pelaksanaan STQH Ke IV Tingkat Kabupaten Paluta Tahun 2023

Redaksi Dalto Media
Selasa, 07 Maret 2023 | 18:59 WIB Last Updated 2023-03-07T11:59:32Z

Foto : Bupati Paluta Andar Amin Harahap di dampingi Wakil Bupati dan Forkopimda Paluta melakukan pemukulan bedug pembukaan acara STQH Ke IV Paluta, Selasa (7/3/2023).

PADANG LAWAS UTARA - Bupati Padang Lawas Utara (Paluta) Andar Amin Harahap membuka secara resmi Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadist (STQH) ke IV tingkat kabupaten Paluta tahun 2023 yang digelar di lapangan SMPN 1 Dolok, Pasar Sipiongot, kecamatan Dolok, Selasa (7/3/2023).

Pembukaan kegiatan STQH ke IV tingkat kabupaten Paluta yang dimulai sekitar pukul 11.00 Wib dengan mengangkat tema "Kita jadikan Alquran sebagai sumber inspirasi dan pedoman dalam berperilaku untuk mewujudkan Paluta yang beriman, cerdas, maju dan beradat", turut dihadiri Wakil bupati Paluta Hariro Harahap, ketua DPRD Paluta Mukhlis Harahap, Sekdakab Paluta Patuan Rahmat Syukur P Hasibuan, Kakan Kemenag Paluta Safiruddin, Kajari Paluta Hartam Ediyanto, Kapolres Tapsel AKBP Imam Zamroni, ketua MUI Paluta Mukti Ali Siregar, Dandim 0212 TS diwakili Pabung Mayor (INF) Takbir Dahalu, TP PKK Paluta, pimpinan OPD Paluta, Danramil 05 PB, Kapolsek Dolok, sejumlah pimpinan Ponpes di Paluta, camat se Paluta, Ormas, OKP beserta undangan lainnya.

Camat Kecamatan Dolok Akhirul Rajak Siregar dalam sambutannya menyampaikan kehadiran STQH senantiasa memiliki daya tarik dan ruang tersendiri dalam kehidupan masyarakat, mengingat acara keagamaan ini selain menjadi media dakwah dan syiar keagamaan yang efektif, juga secara nyata telah terbukti mampu menjadi daya dorong yang kuat dalam memacu percepatan pembangunan didaerah.

"Selamat datang di kecamatan Dolok dan selamat bertanding kepada seluruh kafilah STQH ke IV tingkat kabupaten Paluta tahun 2023," ucapnya.

Ketua LPTQ Paluta yang juga merupakan ketua panitia STQ ke IV tingkat kabupaten Paluta Saripuddin Harahap Paluta dalam laporannya menyampaikan bahwa pelaksanaan STQH ke IV tingkat kabupaten Paluta dijadwalkan akan digelar selama 2 hari yakni tanggal 7 - 8 Maret 2023 dan memperlombakan 4 cabang terdiri dari Tilawah Al Quran, Tahfizh Quran, Tafsir Quran, dan Tahfizh Hadits yang akan memperebutkan 10 jenis kejuaraan sehingga akan menghasilkan 80 juara atau pemenang.

"Peserta sebanyak 239 orang dari 12 kecamatan di Kabupaten Paluta dengan rincian 179 orang peserta dan pendamping 60 orang," katanya.

Tambahnya, pemenang dari STQH ke IV tingkat kabupaten Paluta ini nantinya akan mewakili kabupaten Paluta pada pelaksanaan STQH tingkat Provinsi Sumatera Utara yang dijadwalkan akan digelar di Kabupaten Padang Lawas.

Bupati Paluta Andar Amin Harahap saat membuka acara seleksi peserta STQH ke IV tingkat kabupaten Paluta tahun 2023 menyampaikan Pemkab Paluta sangat mendukung dan mengapresiasi pelaksanaan STQH dan tentunya bukan hanya sekedar acara seremonial, namun harus menggambarkan penilaian yang benar terhadap cabang yang dilombakan harus benar-benar dilaksanakan sesuai aturan atau kaidah dengan harapan setelah lomba akan memberi manfaat bagi masyarakat kabupaten Paluta.

"Saya berharap STQH ini tidak hanya sekedar menjadi ajang perlombaan semata, tapi lebih dari itu harus dijadikan sebagai peneguhan syiar Islam sehingga Qari Qariah yang lahir melalui perhelatan akbar ini dapat menjadi sumber cahaya yang menerangi kehidupan masyarakat Kabupaten Paluta," harapnya.

Pelaksanaan STQH ini juga diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan pengamalan kandungan Al Qur’an sehingga nantinya dapat diaplikasikan dalam kalehidupan bermasyarakat.

"Selamat bertanding kepada seluruh peserta, semoga nantinya bisa menjadi contoh dan teladan yang berpedoman kepada Al Qur’an di tengah kehidupan masyarakat," sebutnya.

Bupati Paluta Andar Amin Harahap juga terlebih dahulu mengukuhkan dewan hakim yang akan bertugas dalam pelaksanaan STQH ke IV tingkat kabupaten Paluta tahun 2023.

Usai menyampaikan sambutan, Bupati Paluta Andar Amin Harahap bersama jajaran Forkopimda melakukan pemukulan bedug sebagai tanda dibukanya secara resmi pelaksanaan STQH ke IV tingkat kabupaten Paluta.

Selain membuka acara STQH ke IV, Bupati dan Wakil Bupati Paluta beserta Forkopimda Paluta dan jajaran juga memberikan Bantuan Baznas kepada masyarakat fakir miskin sebanyak 300 orang dan Bilal Mayit sebanyak 50 orang yang bersumber dari Zakat ASN di lingkungan Pemkab Paluta. (AR)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bupati Buka Pelaksanaan STQH Ke IV Tingkat Kabupaten Paluta Tahun 2023

Trending Now

Iklan