Iklan


Kunjungi Pelaku UMKM, Ketua TP PKK Batang Onang Dorong Peningkatan Ekonomi Masyarakat

Redaksi Dalto Media
Sabtu, 11 Maret 2023 | 18:19 WIB Last Updated 2023-03-11T11:19:12Z

Foto : Ketua TP PKK Kecamatan Batang Onang Ny Inez Yuanita Arif Yusuf Nasution saat memberikan dukungan dan motivasi kepada pelaku IKM kerajinan rotan di desa Gunungtua Tumbu Jati, kecamatan Batang Onang. (Istimewa).

PADANG LAWAS UTARA - Dalam upaya mendorong peningkatan ekonomi masyarakat, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) kecamatan Batang Onang, kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) Ny Inez Yuanita Arif Yusuf Nasution mengunjungi kalangan masyarakat pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) serta pelaku industri kecil menengah (IKM) di sejumlah desa di wilayah kecamatan Batang Onang.

Menurut Ketua TP PKK Kecamatan Batang Onang Ny Inez Yuanita Arif Yusuf Nasution, salah satu tujuan kunjungan ini adalah melihat perkembangan usaha masyarakat dan juga memberikan sedikit motivasi serta dukungan kepada para pelaku UMKM maupun IKM.

Selain itu, kunjungan tersebut akan dilakukan secara berkesinambungan untuk membantu dalam mengembangkan potensi dan inovasi para pelaku UMKM maupun IKM agar mampu berdaya saing.

"Kita harus terus bergerak bersama-sama melakukan pembinaan dan pelatihan agar semakin banyak pelaku UMKM atau IKM yang berkembang sekaligus menyemangati warga lain agar menjadi pelaku usaha baru," katanya, Sabtu (11/3/2023).

Ia menambahkan, kedepannya berbagai pola kerja sama juga akan dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi warga khususnya para pelaku usaha.

Sebab menurutnya, selama ini UMKM maupun IKM memiliki peran penting dalam mendukung perekonomian masyarakat dan daerah sehingga perlu terus didorong agar semakin maju dan mampu mengembangkan jangkauan pasar.

"Kami ingin para pelaku UMKM yang sudah ada semakin kreatif dan inovatif, jika sudah berkembang maka akan memberikan peran nyata dalam memberikan kesempatan kerja bagi warga sekitar," kata dia.

Selain itu, dengan adanya UMKM yang semakin tumbuh dan berkembang diharapkan ke depan sektor tersebut bisa menjadi salah satu motor penggerak pertumbuhan ekonomi daerah.

Apalagi katanya di daerah kecamatan Batang Onang diketahui banyak masyarakat yang menjadi pelaku UMKM maupun IKM diberbagai bidang seperti usaha kerajinan rotan di desa Gunungtua Tumbu Jati, usaha tenun di desa Simardona maupun UMKM atau IKM yang bergerak diberbagai bidang usaha lainnya.

"Perekonomian masyarakat di kabupaten Paluta khususnya kecamatan Batang Onang akan semakin membaik jika UMKM atau IKM dapat dikembangkan dengan baik, mudah-mudahan kedepannya dengan berbagai kegiatan yang akan kita laksanakan akan semakin membantu, bermanfaat dan memotivasi masyarakat untuk terus menggeluti usaha kerakyatan ini," katanya.

Inez menjelaskan, sejauh ini masih banyak pelaku UMKM maupun IKM yang kurang dalam berinovasi guna memenuhi keinginan pasar sehingga sedikit kurang berdaya saing dengan produk lainnya.

Sebab katanya, inovasi dan kreativitas baik dalam hal kwalitas maupun harga adalah salah satu faktor utama dalam menjalankan usaha sehingga bisa berdaya saing di pasar tradisional, nasional dan bahkan internasional.

"Agar produk kita dapat bersaing tentunya kita memerlukan inovasi baik dari segi kwalitas, model, kemasan maupun harga sehingga ada daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk membeli produk tersebut," terangnya.

Disamping itu, kedepannya TP PKK Kecamatan Batang Onang akan terus membantu masyarakat dalam berbagai hal seperti pemasaran produk sehingga kedepannya para pelaku UMKM dapat terus mengembangkan usahanya untuk peningkatan perekonomian masyarakat.

Sebab katanya, program ini juga merupakan tindaklanjut dari arahan ataupun program dari ketua TP PKK Kabupaten Paluta Ny Ade Aan Rostiani Andar Harahap yang sejalan dengan program Pemkab Paluta dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Program ini sesuai dengan arahan dari ibu ketua TP PKK Kabupaten Paluta serta program Pemkab Paluta yang saat ini gencar dalam memajukan UMKM maupun IKM sebagai salah satu upaya peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat," pungkasnya.(AR)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kunjungi Pelaku UMKM, Ketua TP PKK Batang Onang Dorong Peningkatan Ekonomi Masyarakat

Trending Now

Iklan