Iklan


Susun RKPD Tahun 2024, Wabup Buka Musrenbang Kabupaten Paluta

Redaksi Dalto Media
Kamis, 16 Maret 2023 | 18:19 WIB Last Updated 2023-03-16T11:19:27Z

Foto : Wakil Bupati Paluta Hariro Harahap saat memberikan sambutan dan membuka acara Musrenbang RKPD Tahun 2023, Kamis (16/3/2023).

PADANG LAWAS UTARA - Wakil Bupati Padang Lawas Utara (Paluta) Hariro Harahap membuka secara resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2023 dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2024 di aula hotel Sapadia, Gunungtua, Kamis (16/3/2023).

Kegiatan yang mengangkat tema "Melanjutkan pembangunan ekonomi dan pemerataan pembangunan Berkelanjutan yang Didukung Stabilitas Politik yang Kondusif menuju Padang Lawas Utara Tangguh, Mandiri dan Sejahtera" dihadiri oleh Gubernur Sumatera Utara (Sumut) yang diwakili Kadis Kesehatan Provinsi Sumut dr Alwi Mujahid Hasibuan, Sekdakab Paluta Patuan Rahmat Syukur P Hasibuan, Kapolres Tapanuli Selatan (Tapsel) diwakili Kabag SDM, Kajari Paluta diwakili Kasi Intel Erwinsyah Rangkuti, Dandim 0212/TS diwakili Pabung Paluta Mayor (Inf) Takbir Dahalu, TP PKK Paluta, DWP Paluta, Asisten dilingkungan Setdakab Paluta, pimpinan OPD Paluta, Camat se-Paluta, Ormas/OKP, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat beserta undangan lainnya.

Wabup Paluta Hariro Harahap dalam sambutannya menyampaikan pelaksanaan Musrenbang RKPD tahun 2023 dalam rangka penyusunan RKPD Kabupaten Paluta tahun 2024 menjadi titik awal perencanaan periode Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Kabupaten Paluta tahun 2024 - 2026 yang nantinya akan menjadi dokumen perencanaan jangka menengah daerah transisi sebelum tersusunnya dokumen rencana pembangunan jangka menengah daerah yang mengacu kepada visi dan misi Bupati dan wakil Bupati terpilih hasil Pilkada serentak tahun 2024.

Disebutkannya, tahapan Musrenbang RKPD merupakan tahapan yang sangat strategis dalam merumuskan dan menyepakati tujuan dan sasaran strategis dalam merumuskan dan menyepakati tujuan dan sasaran pembangunan pembangunan dalam rangka :
1. Menyepakati permasalahan dan prioritas pembangunan daerah,
2. Menyepakati program, kegiatan, pagu indikatif, indikator dan target kinerja serta lokasi,
3. Penyelarasan program dan kegiatan pembangunan daerah dengan sasaran dan prioritas pembangunan provinsi,
4. Klarifikasi program dan kegiatan yang merupakan kewenangan daerah kabupaten dengan program dan kegiatan desa yang diusulkan berdasarkan hasil Musrenbang kecamatan.

Katanya, dalam rancangan RKPD tahun 2024 Pemkab Paluta telah merumuskan permasalahan, isu strategis, tujuan, sasaran, arah kebijakan, prioritas pembangunan, program prioritas dan kegiatan strategis tahun 2024 yang berpedoman pada rencana pembangunan daerah tahun 2024 - 2026, dimana permasalahan pembangunan daerah merupakan kesenjangan antara kinerja pembangunan yang dicapai saat ini dengan yang direncanakan serta apa yang akan dicapai dimasa yang akan datang.

"Permasalahan pembangunan Paluta saat ini meliputi belum optimalnya penerapan tata kelola pemerintah yang baik, belum optimalnya kwalitas data saing sumber daya manusi, belum optimalnya pembangunan perekonomian daerah dan belum meratanya pembangunan infrastruktur yang berwawasan lingkungan," ujarnya.

Dalam merumuskan tujuan dan sasaran pembangunan setiap pemerintah daerah harus memperhatikan isu - isu strategis yang berkembang, baik itu isu strategis nasional, regional dan isu yang berkembang di daerah.

Berdasarkan permasalahan dan isu strategis tersebut maka pada tahun 2024 ditetapkan tujuan dan sasaran pembangunan sebagai berikut :
1. Mewujudkan pemerintahan yang baik dan bersih dengan sasaran pembangunan untuk meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih serta pelayanan prima, dengan indikator sasaran diarahkan kepada peningkatan nilai akuntabilitas instansi pemerintah, pencapaian opini laporan keuangan yang optimal dan peningkatan pelayanan publik di segala bidang,
2. Mewujudkan pembangunan manusia yang berkualitas dengan sasaran pembangunan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang berdaya saing dengan indikator sasaran diarahkan kepada peningkatan angka harapan lama sekolah, rata-rata lama sekolah, angka harapan hidup dan penurunan angka stunting,
3. Mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang maju dengan sasaran pembangunan untuk peningkatan pertumbuhan ekonomi masyarakat, dengan indikator sasaran diarahkan kepada peningkatan produksi pertanian, peternakan dan perikanan serta peningkatan kepariwisataan daerah,
4. Mewujudkan keberlanjutan pembangunan yang berwawasan lingkungan dengan sasaran pembangunan untuk peningkatan infrastruktur dasar dan peningkatan kualitas lingkungan hidup dengan indikator saaaran diarahkan kepada peningkatan infrastruktur jalan yang baik, peningkatan akses air minum masyarakat dan pengendalian pencemaran air.

"Untuk mewujudkan tujuan dan sasaran pembangunan diatas, tentunya pemerintah daerah harus menyusun strategi dan arah kebijakan serta prigram prioritas untuk memastikan bahwa target pembangunan yang ditetapkan nantinya dapat tercapai," sebutnya.

Untuk itu, ia mengingatkan kepada seluruh kepala OPD agar dalam penyusunan rencana kerja tahun 2024 di instansi masing - masing untuk mempedomani tujuan dan sasaran pembangunan yang telah dirumuskan dalam rencana kerja pemerintah daerah kabupaten Paluta tahun 2024 dengan mengedepankan prinsip efisiensi dan efektivitas dalam menyusun program dan kegiatan serta diharapkan dapat mendukung dan berkolaborasi dalam mewujudkan keberhasilan pembangunan yang akan dilaksanakan demi kemajuan daerah.

Usai bimbingan dan arahan sekaligus membuka acara oleh Wakil Bupati Paluta Hariro Harahap, acara dilanjutkan dengan pemaparan dari para narasumber serta sesi tanya jawab dengan peserta. (AR)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Susun RKPD Tahun 2024, Wabup Buka Musrenbang Kabupaten Paluta

Trending Now

Iklan