Iklan


Pemkab Paluta Gelar Sosialisasi KLA

Redaksi Dalto Media
Selasa, 14 Maret 2023 | 15:54 WIB Last Updated 2023-03-14T08:54:55Z

Foto : Peserta sosialisasi berfoto bersama dengan Sekda Paluta Patuan Rahmat Syukur P Hasibuan, Senin (13/3/2023).

PADANG LAWAS UTARA - Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana (P3AP2KB) menyelenggarakan Sosialisasi Kabupaten Layak Anak (KLA) di Ruang Rapat Bupati Paluta, Senin (13/3/2023).

⁣Kegiatan dibuka oleh Bupati Paluta Andar Amin Harahap diwakili Sekretaris Daerah Patuan Rahmat Syukur P Hasibuan dengan menghadirkan narasumber yang merupakan Mentor Gender Mind Storming Marhamah dan Ketua Komnas PA Kabupaten Paluta Irfan Fauzi Tanjung.

⁣Sekretaris Daerah kabupaten Paluta Patuan Rahmat Syukur P Hasibuan dalam sambutannya menyampaikan bahwa dengan Kabupaten Paluta menjadi Kabupaten Layak Anak (KLA) akan mempunyai sistem pembangunan berbasis hak anak melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan, program, dan kegiatan untuk menjamin terpenuhinya hak dan perlindungan anak.⁣

Ia juga menekankan kepada semua pihak untuk berkomitmen dan bersinergi dalam peningkatan posisi Kabupaten Paluta sebagai KLA dengan kategori Pratama.⁣

"Proses terpenting dalam pengembangan KLA itu sendiri adalah koordinasi seluruh stakeholder yang ada di daerah, guna memenuhi hak-hak anak yang memang harus dilakukan secara berkesinambungan," katanya.

Tambahnya, penguatan koordinasi dan kolaborasi seluruh stakeholders secara terencana, menyeluruh dan berkelanjutan dalam melaksanakan kebijakan program dan kegiatan guna menjamin hak dan perlindungan anak hendaknya dapat terus ditingkatkan.

Untuk itu ia mengingatkan, kepada seluruh perangkat daerah dilingkungan Pemerintah Kabupaten Paluta serta stakeholder terkait, agar dapat mengkoordinasikan penyusunan rencana aksi daerah KLA Kabupaten Paluta, mengkoordinasikan advokasi, fasilitasi, sosialisasi dan edukasi dalam rangka penyelenggaraan KLA.

"Karena anak harus mendapatkan kesempatan yang seluas luasnya untuk tumbuh dan berkembang secara optimal baik itu fisik mental maupun sosialnya, mari kita bergerak bersama mewujudkan Kabupaten Paluta menjadi Kabupaten Layak Anak predikat Pratama tahun 2023 ini," tutupnya.

Sementara, Kepala Dinas P3AP2KB Hasbullah Harahap dalam laporannya menjelaskan maksud dan tujuan kegiatan Sosialisasi Kabupaten Layak Anak (KLA) Kabupaten Paluta adalah untuk melaksanakan upaya koordinasi, sinergitas, dan kolaborasi dari semua pihak terhadap tercapainya indikator - indikator, sehingga dapat mewujudkan Kabupaten Paluta menjadi Kabupaten Layak Anak dengan kategori Pratama.⁣

Selain itu, mewujudkan kesamaan pemahaman serta kerjasama secara sinergis antara lembaga - lembaga pemerintah, swadaya masyarakat, swasta dan dunia usaha, tokoh masyarakat, pemerhati anak serta organisasi masyarakat melalui perlindungan anak terpadu berbasis masyarakat.

"Dan juga untuk memantapkan komitmen seluruh instansi vertikal dan OPD terkait dalam mewujudkan Paluta menjadi Kabupaten Layak Anak," ujarnya.

Narasumber yang merupakan Mentor Gender Mind Storming Marhamah dalam pemaparannya menyampaikan ada beberapa indikator KLA yang dibuat dalam rangka untuk mengukur Kabupaten/Kota menjadi layak anak dan 5 (lima) klaster hak anak.

Adapun indikator dan klaster tersebut antara lain klaster hak sipil dan kebebasan, klaster lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, klaster kesehatan dasar dan kesejahteraan, klaster pendidikan, pemanfaatan waktu luang, dan kegiatan budaya serta klaster perlindungan khusus.

"Dengan indikator tersebut kabupaten/kota dapat mengetahui pencapaian upaya pemenuhan hak anak di daerah," terangnya.

Di akhir kegiatan, Sekdakab Paluta Patuan Rahmat Syukur P Hasibuan bersama para undangan melakukan penandatanganan deklarasi kabupaten layak anak.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Asisten III Maralobi Siregar, Pimpinan OPD, para Kabid dan Kabag di lingkungan Pemkab Paluta, Komnas PA Paluta, forum anak beserta pihak terkait lainnya. (AR)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pemkab Paluta Gelar Sosialisasi KLA

Trending Now

Iklan