Iklan


Peringati Hari Desa Asri Nusantara, Pemkab Paluta Adakan Penanaman Pohon Serentak

Redaksi Dalto Media
Senin, 20 Maret 2023 | 19:28 WIB Last Updated 2023-03-20T12:28:30Z

Foto : Penanaman pohon oleh Bupati Paluta diwakili Asisten I Setdakab Paluta, Senin (20/3/2023).

PADANG LAWAS UTARA - Dalam rangka memperingati hari Desa Asri Nusantara tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) melakukan penanaman pohon serentak yang dipusatkan di desa Purba Sinomba, kecamatan Padang Bolak, Senin (20/3/2023).

Gerakan penanaman pohon serentak yang dimulai pukul 10.00 Wib mengangkat tema "Desa Asri Indonesia Berseri" yang di ikuti oleh Bupati Paluta Andar Amin Harahap diwakili Asisten I Saripuddin Harahap. Turut dihadiri Kadis PMD Paluta Yusuf MD Hasibuan, Kadis Lingkungan Hidup H Ihpan Siregar, Danramil 05 PB Kapt (INF) Jungkarnaen Siregar, perwakilan Kementerian Desa PDTT Andi Arman Piliang, Camat Padang Bolak Awaluddin Jamin Harahap, Polsek Padang Bolak, kepala desa, tokoh masyarakat, tokoh agama beserta undangan lainnya.

Dalam sambutan Bupati Paluta yang disampaikan oleh Asisten I Setdakab Paluta Saripuddin Harahap menyebutkan bahwa gerakan menanam pohon serentak didesa seluruh Indonesia ini bertujuan untuk lebih membangkitkan semangat, motivasi dan membudayakan seluruh masyarakat Indonesia untuk menanam dan memelihara pohon dalam rangka membangun ekosistem hutan untuk memperbaiki, merehabilitasi dan merestorasi hutan dan lahan diseluruh Indonesia.

Apabila gerakan penanaman pohon serentak ini dilakukan terus menerus dengan jenis pohon yang tepat, maka kualitas lingkungan hidup akan meningkat yang berdampak positif bagi kecukupan air bersih, ketahanan pangan dan ketahanan energi terbarukan.

"Terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada semua pihak yang peduli dalam mensukseskan gerakan penanaman pohon serentak yang diwujudkan dikabupaten, kecamatan, desa dan lingkungan pendidikan maupun keluarga sehingga kita dapat mewariskan hutan yang lebih baik dan terawat kepada generasi yang akan datang," ucapnya.

Karena itu, ia mengajak seluruh komponen masyarakat di kabupaten Paluta untuk ikut turun tangan dalam gerakan penanaman pohon serentak di desa seluruh Indonesia.

"Mari menanam dan memelihara pohon. Menanam sekarang untuk anak cucu kita dan mari bergandeng tantangan menyelamatkan lingkungan," ajaknya.

Sementara, kepala Dinas PMD Kabupaten Paluta Yusuf MD Hasibuan dalam laporannya menyampaikan bahwa gerakan penanaman pohon serentak ini merupakan program Pemerintah melalui Kementerian desa PDTT RI yang dilakukan diseluruh Indonesia.

"Sebagai wujud untuk memperingati Hari ASRI Nusantara yang ditetapkan setiap tanggal 21 Februari oleh Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi," ungkapnya.

Tambahnya, penanaman pohon ini juga dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai perubahan iklim, mewujudkan desa yang bersih, hijau, dan bebas dari pencemaran lingkungan, serta mengurangi risiko bencana di desa.

Jenis pohon yang ditanam adalah jenis pohon buah-buahan seperti mangga, duku, lengkeng dan yang lainnya dengan total bibit sekitar 40 ribu pohon se-kabupaten Paluta.

Senada, Kepala Desa Purba Sinomba Torkis Halomoan Pohan mengucapkan terima kasih dan menyampaikan dukungan penuh atas program penanaman pohon serentak ini.

Untuk itu, ia berjanji akan mengajak dan berkoordinasi dengan seluruh pemangku jabatan dan masyarakat desa untuk melanjutkan penanaman, merawat dan menjaga kelestarian lingkungan dan alam terkhusus di desa Purba Sinomba. (AR)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Peringati Hari Desa Asri Nusantara, Pemkab Paluta Adakan Penanaman Pohon Serentak

Trending Now

Iklan