Iklan


Resmikan Puskesmas Ujung Batu, Bupati Paluta : Ini Kenang - kenangan Saya Untuk Masyarakat Ujung Batu

Redaksi Dalto Media
Selasa, 14 Maret 2023 | 19:35 WIB Last Updated 2023-03-14T12:37:36Z

Foto : Bupati Paluta Andar Amin Harahap saat menandatangani prasasti Puskesmas Ujung Batu, Selasa (14/3/2023).

PADANG LAWAS UTARA - Bupati Padang Lawas Utara (Paluta) Andar Amin Harahap meresmikan gedung baru Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) baru di Kecamatan Ujung Batu, Selasa (14/3/2023).

Peresmian Puskesmas Ujung Batu yang dilakukan secara simbolis dengan pemotongan pita dan penandatanganan prasasti oleh Bupati Paluta Andar Amin Harahap, turut hadir Sekretaris Daerah Patuan Rahmat Syukur P Hasibuan, Kepala Dinas Kesehatan dr Sri Prihatin Harahap, sejumlah anggota DPRD Paluta, pimpinan OPD, Camat, TNI/Polri, kepala desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, OKP/Ormas beserta undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Paluta Andar Amin Harahap menyampaikan pembangunan Puskesmas ini merupakan komitmen pemerintah daerah untuk meningkatkan pelayanan kesehatan dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat khususnya di Kecamatan Ujung Batu.

"Pembangunan puskesmas ini adalah komitmen pemerintah dalam menyahuti kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dengan puskesmas yang representatif dan memiliki bangunan yang layak," ujarnya.

Andar mengharapkan, dengan adanya pembangunan gedung puskesmas baru ini perlu dibarengi dengan peningkatan pelayanan sebab salah satu hal yang paling penting adalah kenyamanan pelayanan kesehatan yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

Untuk itu, ia meminta agar pegawai kesehatan harus patuh pada tugas dan tanggung jawabnya sebagai pelayan masyarakat yang baik dengan meningkatkan etos kerja dan pelayanan kepada masyarakat serta tidak meninggalkan tugas tanpa berpamitan kepada kepala puskesmas setempat.

"Kepada seluruh petugas kesehatan untuk melayani seluruh masyarakat sebaik-baiknya. Lakukan pendekatan dengan memberikan pelayanan prima sehingga masyarakat merasakan kenyamanan," lanjutnya.

Pada kesempatan ini ia juga menyampaikan agar masyarakat dapat memanfaatkan keberadaan puskesmas yang baru ini untuk meningkatkan pembangunan kesehatan masyarakat.

Selain itu, masyarakat juga diminta untuk ikut menjaga serta merawat Puskesmas Ujung Batu, sebab puskesmas ini adalah aset pemerintah yang diperuntukkan memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat.

"Ini kenang - kenangan saya untuk masyarakat Ujung Batu, maka manfaatkanlah dengan sebaik - baiknya dan mari bersama kita jaga serta pelihara karena Puskesmas ini adalah milik kita dan untuk kepentingan kita semua," pesannya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Paluta dr Sri Prihatin Harahap menyampaikan bahwa Puskesmas Ujung Batu yang baru diresmikan untuk saat ini hanya melayani rawat jalan.

Meskipun masih dalam tahap melengkapi personel dan petugas pelayanan kesehatan, untuk sarana dan prasarana sudah cukup memadai serta sudah bisa melayani pelayanan kesehatan antara lain balai pengobatan umum, pelayanan ibu anak, pelayanan kesehatan gigi, dan IGD.

"Puskesmas ini dibangun untuk semakin banyak menjangkau pemberian layanan kesehatan bagi masyarakat, sehingga seluruh masyarakat kita khususnya di kecamatan Ujung Batu bisa memiliki akses yang mudah untuk berobat dan periksa kesehatan," katanya.

Ia menambahkan, wilayah pelayanan kesehatan Puskesmas yang didirikan tahun 2022 ini meliputi 14 desa atau seluruh desa yang ada di wilayah kecamatan Ujung Batu.

Sementara, salah seorang tokoh masyarakat kecamatan Ujung Batu yakni Sutan Malim Hasibuan mewakili seluruh elemen masyarakat Ujung Batu menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam kepada Pemkab Paluta terkhusus kepada Bupati Andar Amin Harahap.

"Saya merasa terharu atas berdirinya Puskesmas ini. Keinginan kami yang sudah lama akhirnya diwujudkan oleh Bapak Bupati Paluta Andar Amin Harahap. Dengan adanya Puskesmas ini, akan membawa manfaat yang besar kepada seluruh masyarakat," ucapnya.

Ia juga mengajak masyarakat untuk bersama merawat dan menjaga Puskesmas sebagai peranan aktif dalam mendukung pembangunan daerah kabupaten Paluta.

Usai menyampaikan sambutan, Bupati Paluta Andar Amin Harahap didampingi para undangan yang hadir melakukan pemotongan pita serta penandatanganan prasasti sebagai simbol peresmian Puskesmas Ujung Batu.

Bupati juga melakukan peninjauan didampingi Kadis Kesehatan dr Sri Prihatin Harahap bersama undangan ke seluruh ruangan dan bangunan serta fasilitas kesehatan yang ada di Puskesmas Ujung Batu.(AR)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Resmikan Puskesmas Ujung Batu, Bupati Paluta : Ini Kenang - kenangan Saya Untuk Masyarakat Ujung Batu

Trending Now

Iklan