Iklan


TP PKK Paluta Lakukan Pembinaan UP2K di Desa Batang Pane III

Redaksi Dalto Media
Rabu, 22 Maret 2023 | 13:42 WIB Last Updated 2023-03-22T06:42:19Z

Foto : Rombongan TP PKK Paluta bersama OPD terkait saat melakukan kunjungan ke desa binaan UP2K di Desa Batang Pane III, Kecamatan Halongonan Timur, Selasa (21/3/2023).

PADANG LAWAS UTARA - Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) melalui Tim Penggerak PKK Kabupaten Paluta melakukan pembinaan sekaligus menyerahkan bantuan ke Desa Batang Pane III, Kecamatan Halongonan Timur, Selasa (21/3/2023).

Diketahui, desa Batang Pane III menjadi desa binaan TP PKK Paluta kategori Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) untuk tahun 2023.

Pembinaan sekaligus penyerahan bantuan tersebut dihadiri Bupati Padang Lawas Utara Andar Amin Harahap yang diwakili Asisten II Haholongan Siregar, Kadis P3AP2KB Paluta Hasbullah Harahap, Kadis Perindag Paluta Ridi AP, Ketua TP PKK Paluta diwakili ketua Pokja II Ny Hetty Hariaty Ridi AP dan anggotanya, Camat Halongonan Timur (Haltim) Muzni Lelo Harahap, Kepala Desa Batang Pane III, TP PKK Kecamatan Haltim, TP PKK Desa Batang Pane III beserta undangan lainnya.

Dalam arahan bupati Paluta Andar Amin Harahap yang disampaikan Asisten II Haholongan Siregar menyampaikan bahwa program dan kegiatan Desa Binaan UP2K PKK sudah mendapat dukungan berupa bantuan dan kemitraan dari berbagai OPD kabupaten Paluta.

Sehingga program kerja OPD bisa mendukung keberhasilan program-program dan kegiatan PKK untuk meraih juara di tingkat Provinsi Sumatera Utara nantinya.

"Dan bagi OPD yang belum memberikan bantuan dan kontribusi, kami harap untuk menyegerakan yang juga merupakan wujud dukungan demi kemajuan ekonomi masyarakat," katanya.

Beliau juga menekankan, untuk mewujudkan tujuan mulia PKK membutuhkan sinergi dan kerja sama dengan berbagai pihak termasuk dengan Pemerintah Daerah. 

Oleh karena itu, bantuan dan dukungan kemitraan yang diberikan diharapkan bisa menunjang program Desa Binaan UP2K Desa Batang Pane III.

"Semoga Desa Batang Pane III bisa lebih meningkatkan pendapatan keluarga melalui program utama Pokja 2 yaitu UP2K sehingga bisa membantu perekonomian keluarga," ucapnya.

Sementara itu, Camat Haltim Muzni Lelo Harahap menyatakan ucapan terimakasih atas kunjungan dari TP PKK dan Pemkab Paluta dalam rangka pembinaan dan pemberian bantuan.

Untuk itu, dirinya berharap bimbingan dan binaan dari TP PKK Kabupaten Paluta utamanya dalam menstandarisasi produk-produk UP2K menjadi produk unggulan Desa yang dapat menambah nilai lebih sehingga dapat menarik minat pembeli yang berujung pada peningkatan perekonomian masyarakat Desa dan tentunya dapat bersaing serta dapat meraih prestasi yang membanggakan ke depannya.

"Kami akan terus mendorong agar masyarakat melakukan usaha yang lain dan tentunya pembinaan serta pemberian ilmu kepada masyarakat tetap kami harapkan," katanya.

Untuk itu, ia mengajak seluruh masyarakat khususnya desa Batang Pane III agar terus melakukan inovasi dan mengembangkan usaha-usaha ekonomi kreatif dalam meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan keluarga.

Terpisah, Kadis Perindag Paluta Ridi AP diwakili Kabid Perindustrian Fauziah Amini Lubis menyebutkan bahwa tujuan UP2K adalah untuk membina dan mengembangkan kegiatan usaha keluarga bergabung dalam kelompok atau perorangan sehingga secara bertahap diharapkan mampu menjadi wira swasta yang kreatif.

Selain itu, UP2K menjadi salah satu kategori lomba, dan diharapkan kepada ibu PKK di Desa Batang Pane III untuk mempersiapkan sesuai dengan indikator yang telah ditentukan.

"Kunjungan dan pembinaan ini bertujuan agar TP PKK Desa dapat terus aktif dalam mempersiapkan point-point yang menjadi penilaian pada lomba tersebut, dan kami TP PKK Kabupaten dan OPD terkait akan terus mendampingi," ucapnya.

Dan untuk meraih apa yang diharapkan tentu semua harus saling bersinergi, bagaimana peningkatan UP2K di Desa Batang Pane III dan semua harus bekerjasama atau kerja tim dalam memenangkan lomba Tingkat Provsu nantinya.

Pantauan, kegiatan juga dimeriahkan dengan penampilan Tim Penggerak PKK Desa Batang Pane III yang menyanyikan yel-yel dan drama tentang Desa Binaan UP2K.

Asisten II beserta rombongan juga tampak melakukan peninjauan kebun singkong dan rumah produksi pembuatan produk UP2K di Desa Batang Pane III.(AR)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • TP PKK Paluta Lakukan Pembinaan UP2K di Desa Batang Pane III

Trending Now

Iklan