Iklan


Terkait Perayaan Waisak Bersama di Candi Bahal, Ketua IKA PMII Paluta : Masyarakat Paluta Mestinya Bangga

Redaksi Dalto Media
Rabu, 31 Mei 2023 | 20:03 WIB Last Updated 2023-05-31T13:03:51Z

Foto : Ketua IKA PMII Paluta Chairil Anhar Siregar (Istimewa).

PADANG LAWAS UTARA - Ketua IKA PMII Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) Chairil Anhar Siregar mendukung penuh pelaksanaan perayaan Waisak Bersama di Candi Bahal, Kecamatan Portibi, Kabupaten Paluta.

Sebagai warga negara yang baik dan warga Paluta, ia merasa bangga kepada umat Buddha yang akan merayakan Waisak tingkat Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dilaksanakan di Candi Bahal.

"Masyarakat Paluta mestinya bangga, yang saya ketahui mereka mengakui bahwasanya Candi Bahal merupakan tempat peribadatan yang sangat sakral, artinya mereka memberikan penilaian bahwasanya Kabupaten Paluta memiliki situs umat Buddha yang paling besar di Sumut," ujarnya, Rabu (31/5/2023).

Terkait adanya penolakan dari sebagian masyarakat yang menilai perayaan Waisak Bersama di Candi Bahal akan mencederai hati masyarakat, ia menilai seharusnya kegiatan ini menjadi sebuah bukti bahwa masyarakat Kabupaten Paluta menjunjung tinggi demokrasi dan moderasi beragama.

"Negara ini adalah negara yang mengakui umat Buddha sebagai agama yang sah di Republik ini, ketika berbicara tentang pluralisme sebagai sebuah perjuangan atas lahirnya sebuah demokrasi terutama moderasi beragama yang di gaung - gaungkan sampai sejauh ini masih menjadi prioritas," tegasnya.

Ia menambahkan, perayaan Waisak Bersama di Candi Bahal akan memberikan dampak positif terhadap perekonomian di Kabupaten Paluta terutama masyarakat sekitar Candi Bahal.

"Masalah keuntungan, nama Kabupaten Paluta akan terus diingat oleh umat Buddha di Sumut bahwa tempat peribadatannya yang sakral ada di Paluta, untuk masyarakat sekitar tentunya diuntungkan juga, begitu banyaknya masyarakat yang melakukan peribadatan otomatis UMKM sekecil apapun akan mendapatkan pendapatan yang lebih dari hari - hari biasanya," pungkasnya. (AR)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Terkait Perayaan Waisak Bersama di Candi Bahal, Ketua IKA PMII Paluta : Masyarakat Paluta Mestinya Bangga

Trending Now

Iklan