Iklan


Disbudpar Paluta Siap Menyukseskan Perayaan Waisak Bersama di Candi Bahal

Redaksi Dalto Media
Sabtu, 03 Juni 2023 | 19:27 WIB Last Updated 2023-06-03T12:27:26Z

Foto : Kadisbudpar Paluta Eva Sartika Siregar (istimewa).

PADANG LAWAS UTARA - Peringatan Hari Raya Tri Suci Waisak 2567 BE/2023 yang akan di adakan di Candi Bahal, Kecamatan Portibi Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) mendapatkan dukungan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Paluta.

"Tahun ini saudara kita yang beragama Buddha se-Sumut akan melaksanakan Perayaan Hari Raya Waisak Bersama di Candi Bahal, untuk mendukung hal tersebut kita (Disbudpar) bersama panitia dan stakeholder terkait telah merampungkan persiapan acara demi suksesi acara besok," ujar Kadis Budpar Paluta Eva Sartika Siregar, Sabtu (3/6/2023).

Eva menambahkan, perayaan Tri Suci Waisak 2567 BE/2023 yang mengusung tagline toleransi ini bukan yang pertama kalinya diadakan di Candi Bahal.

"Ini bukan yang pertama dilaksanakan di Candi Bahal Portibi, tetapi ini adalah Kegiatan perayaan yang ketiga kalinya. Pertama Pada tahun 2015, kedua tahun 2016 di Candi Sipamutung (Palas) dan ketiga kembali tahun 2023 dilaksanakan di Candi Bahal Portibi," ungkapnya.

Perayaan Waisak Bersama yang direncanakan akan menghadirkan kurang lebih 2.000 orang ini diharapkan mampu mendongkrak potensi wisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Paluta.

"Dengan dilaksanakan perayaan Hari Raya Waisak di Kabupaten Paluta akan memberikan keuntungan buat daerah kita, khususnya menggeliatkan sektor pariwisata dan membangkitkan ekonomi kreatif di kawasan tersebut (Candi Bahal). Kami mendapat laporan Hotel Sapadia, Hotel Mitra dan Homestay yang ada di daerah Paluta sudah penuh begitu juga dengan restoran dan rumah makan mendapatkan pesanan yang membludak," jelasnya.

Ia menambahkan, suksesnya acara perayaan Waisak Bersama di Candi Bahal dapat memberikan dampak yang positif dalam membangkitkan pariwisata dan ekonomi UMKM di Kabupaten Paluta.

"Harapannya, semoga semua berjalan lancar, aman dan tertib. Dan Insyaallah, saya akan hadir. Kalau kita bersatu umat akan senang. Disisi lain, kita hidup di negara yang penuh kemajemukan, untuk menyikapi perbedaan tersebut, diperlukan rasa dan sikap toleransi yang kuat dengan menghormati satu sama lain," pungkasnya. (AR)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Disbudpar Paluta Siap Menyukseskan Perayaan Waisak Bersama di Candi Bahal

Trending Now

Iklan