Iklan


Jelang Pilkades Serentak 2023, Pemkab Paluta Sosialisasikan Perbup Nomor 24 Tahun 2023

Redaksi Dalto Media
Selasa, 27 Juni 2023 | 19:44 WIB Last Updated 2023-06-27T14:59:52Z

Foto : Bupati Paluta Andar Amin Harahap berfoto bersama usai membuka acara, Selasa (27/6/2023).

PADANG LAWAS UTARA - Bupati Padang Lawas Utara (Paluta) Andar Amin Harahap membuka acara sosialisasi peraturan Bupati nomor 24 tahun 2023 tentang petunjuk pelaksanaan pemilihan kepala desa kabupaten Paluta yang digelar oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) kabupaten Paluta di Ballroom Hotel Sapadia Gunungtua, Selasa (27/6/2023).

Sosialisasi tersebut juga dihadiri oleh Asisten I Setdakab Paluta Saripuddin Harahap, Asisten III Maralobi Siregar, Kepala Dinas PMD Paluta Yusuf MD Hasibuan, Kasi Datun Kejari Paluta Johanes M Aritonang, Danramil 05 Padang Bolak Jungkarnaen Siregar, Wakapolsek Polsek Padang Bolak Iptu PM Siboro, Camat se kabupaten Paluta, serta diikuti oleh kalangan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan Kepala Desa yang akan menggelar Pilkades.

Bupati Paluta Andar Amin Harahap mengatakan bahwa proses demokrasi pemilihan Kepala Desa di Kabupaten Paluta adalah bagian dari mengimplementasikan amanat undang - undang dan Permendagri tentang desa dan pemilihan Kepala Desa.

Ia menyebutkan, pesta demokrasi dalam pemilihan kepala desa sangat penting karena dengan adanya pemilihan kepala desa dapat merawat dan menjaga demokrasi yang sehat.

"Semoga sosialisasi yang di laksanakan dapat menjadi pedoman bagi desa yang menyelenggarakan Pemilihan Kepala desa agar terciptanya keamanan, ketentraman, kedamaian dan kekeluargaan sesuai dengan regulasi yang sudah di buat," katanya.

Ia juga mengatakan melalui sosialisasi ini, para peserta mendapatkan pemahaman yang baik dan mensosialisasikan pilkades kepada masyarakat desa agar calon pemimpin di desa bisa mempersiapkan diri secara baik, sehat, dan jujur.

Kepada para Camat yang akan melaksanakan Pilkades, Bupati menambahkan harus memiliki visi dan peran aktif untuk menyukseskan pilkades secara baik di setiap wilayahnya.

"Saya yakin dengan ada nya peranan Camat bersama TNI, Polri, Kejaksaan bersama PJ Kades dan panitia, pilkades pasti dapat berjalan dengan baik," ungkap Bupati.

Kadis PMD kabupaten Paluta Yusuf MD Hasibuan dalam laporannya menyampaikan bahwa sosialisasi ini diikuti oleh kalangan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) bersama penjabat Kepala desa yang akan melaksanakan Pilkades tahun 2023.

"Ada 110 desa yang akan melaksanakan Pilkades tahun ini," katanya.

Tambahnya, kegiatan sosialisasi ini merupakan langkah atau tahapan pilkades dengan tujuan untuk memberikan pemahaman kepada semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan Pilkades nantinya.

Untuk itu, sosialisasi ini diharap akan dapat memberikan pemahaman kepada semua pihak sehingga mengetahui tugas dan tanggungjawab masing - masing dalam mewujudkan Pilkades yang lancar, aman dan kondusif. (AR)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Jelang Pilkades Serentak 2023, Pemkab Paluta Sosialisasikan Perbup Nomor 24 Tahun 2023

Trending Now

Iklan