Iklan


Bakal Cakades di Kabupaten Paluta Ikuti Tes Mental Ideologi

Redaksi Dalto Media
Rabu, 30 Agustus 2023 | 15:49 WIB Last Updated 2023-08-30T08:49:21Z

Foto : Bupati Paluta, bakal Cakades dan undangan lainnya berfoto bersama, Rabu (30/8/2023).

PADANG LAWAS UTARA - Bakal calon kepala desa (Cakades) di Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) ikuti tahapan tes tertulis Mental Ideologi (MI) yang digelar di Gedung Serbaguna kabupaten Paluta, Jl Lintas Gunungtua-Langga Payung KM 3, Paranginan, Rabu (30/8/2023).

Kegiatan dibuka langsung oleh Bupati Paluta Andar Amin Harahap dihadiri Sekretaris Daerah kabupaten Paluta Patuan Rahmat Syukur P Hasibuan, Asisten I Syarifuddin Harahap, Kajari Paluta diwakili Kasi BB dan BR Fery M Sitanggang, Kaban Kesbangpol Darman Hasibuan, Pabung Kodim 0212/TS Mayor (Inf) Takbir Dahalu, Polsek Padang Bolak, kalangan camat, kalangan akademisi dari UGN Padangsidimpuan sebagai tim penguji beserta undangan lainnya.

Bupati Paluta Andar Amin Harahap dalam arahannya menyampaikan bahwa tahapan tes mental ideologi ini merupakan salah satu persyaratan yang harus dilalui guna menguji wawasan kebangsaan dari seluruh bakal Cakades.

Untuk itu, ia berharap agar para panitia seleksi harus benar-benar tertib serta selektif dalam menjalankan teknis pedoman pemilihan kepala desa agar seluruh tahapan seleksi bisa berjalan dengan lancar.

"Saya mengajak seluruh pihak untuk tetap menjaga stabilitas yang kondusif dan berpartisipasi aktif, agar pelaksanaan Ujian Seleksi dan seluruh tahapan Pilkades ini dapat berjalan lancar, damai, dan tentram," tegasnya.

Ia juga meminta agar seluruh peserta untuk tidak terpengaruh dengan isu-isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan dan bakal Cakades harus cerdas dalam berpikir serta melihat sesuatu hal secara utuh.

Sementara, Kaban Kesbangpol Paluta Darman Hasibuan menyampaikan bahwa dalam tahapan tes tertulis MI ini, ada 300 orang bakal Cakades dari 108 desa di 12 kecamatan di kabupaten Paluta yang akan melaksanakan pilkades serentak di tahun ini. Namun, yang hadir untuk mengikuti tes tertulis mental ideologi ini hanya 290 orang.

"Tes mental ideologi ini dijadwalkan 3 hari untuk dua sesi yakni tes tertulis dan tes wawancara. Dan hari ini adalah tes tertulis," katanya.

Darman menambahkan, ujian tes tertulis ini dibuat oleh pihak akademisi dari UGN Padang Sidimpuan dan untuk tes wawancara nantinya akan bertindak sebagai tim penguji yakni dari kalangan TNI dan pejabat eksekutif dari Pemkab Paluta.

Untuk diketahui, pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2023 di kabupaten Paluta tahun ini diikuti 108 desa dari 12 kecamatan dan dijadwalkan akan dilaksanakan pada 4 Oktober mendatang. (AR)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bakal Cakades di Kabupaten Paluta Ikuti Tes Mental Ideologi

Trending Now

Iklan