Iklan


Pastikan Tahapan Berjalan Baik, Panitia Pilkades Kabupaten Paluta Monitoring Ke Kecamatan

Redaksi Dalto Media
Senin, 28 Agustus 2023 | 16:20 WIB Last Updated 2023-08-28T09:20:49Z

Foto : Kepala Bidang Pemdes M Sukri Nasution bersama tim panitia Pilkades (istimewa).

PADANG LAWAS UTARA - Panitia pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) melakukan monitoring tahapan Pilkades di sejumlah kecamatan yang ada di wilayah kabupaten Paluta.

Tim yang dipimpin oleh kepala Dinas PMD Kabupaten Paluta Yusuf MD Hasibuan diwakili oleh Kepala Bidang Pemdes M Sukri Nasution bersama tim panitia pilkades di kecamatan.

"Ada 110 desa di 12 kecamatan yang ada di wilayah kabupaten Paluta akan melaksanakan Pilkades tahun ini, dan sudah 7 kecamatan yang kita kunjungi untuk memastikan tahapan berjalan dengan baik," ujarnya, Senin (28/8/2023).

Katanya, monitoring ini dilakukan sebagai langkah untuk memastikan tahapan pelaksanaan pilkades berjalan sesuai dengan aturan yang diterapkan.

Selain itu, monitoring ini juga untuk memastikan bahwa tahapan dan jadwal yang berjalan saat ini sesuai dengan aturan serta peraturan bupati yang merupakan landasan utama dalam pelaksanaan Pilkades tahun ini.

"Kita juga memastikan dan menyampaikan kepada para panitia Pilkades baik tingkat kecamatan dan desa untuk menjaga netralitas dan tidak ada keberpihakan kepada salah satu calon," terangnya.

Selama pelaksanaan monitoring, petugas juga memberikan penegasan kepada panitia Pilkades agar lebih teliti dalam pelaksanaan tahapan antara lain saat memeriksa berkas bakal calon kepala desa yang telah diajukan.

Petugas juga meminta agar panitia dapat melakukan pendataan warga yang masuk sebagai daftar pemilih sementara dan daftar pemilih tetap dengan tujuan agar tidak ada warga yang tidak terdaftar sebagai pemilih.

"Agar pelaksanaan Pilkades berjalan baik, kami mengimbau kepada seluruh masyarakat setempat untuk ikut menjaga keamanan ketertiban dan juga ikut andil melakukan pengawasan untuk menghindari terjadinya kecurangan dalam pelaksanaan Pilkades," pesannya.

Untuk diketahui, saat ini pelaksanaan Pilkades sudah memasuki tahapan pendaftaran dan penelitian berkas Calon Kepala Desa dan pelaksanaan Pilkades serentak dijadwalkan pada 4 Oktober 2023 mendatang. (AR)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pastikan Tahapan Berjalan Baik, Panitia Pilkades Kabupaten Paluta Monitoring Ke Kecamatan

Trending Now

Iklan