Iklan


Semarak HUT Ke 78 RI, Jajaran Pimpinan OPD Paluta Berpakaian Adat

Redaksi Dalto Media
Kamis, 17 Agustus 2023 | 22:20 WIB Last Updated 2023-08-17T15:20:11Z

Foto : Sekdakab Paluta Patuan Rahmat Syukur P Hasibuan didampingi Ny Septi Helida Patuan Rahmat Hasibuan memimpin Parade kepala OPD dengan pakaian adat berbagai suku, Kamis (17/8/2023).

PADANG LAWAS UTARA - Semarak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 78 Republik Indonesia tahun 2023 diwarnai dengan berbagai macam kegiatan dan penampilan serta perlombaan yang cukup menarik perhatian masyarakat.

Berbagai kegiatan atau lomba yang digelar usai pelaksanaan upacara penaikan bendera pada peringatan HUT Ke 78 Republik Indonesia tersebut diantaranya lomba deville dan karnaval tingkat pelajar SD, SMP dan SLTA sederajat yang cukup menarik perhatian dan menghibur ribuan masyarakat yang memadati jalur deville yakni dari depan Hotel Mitra Indah Gunungtua hingga finish di halaman kantor DPRD Paluta.

Satu hal yang cukup menarik perhatian yakni parade atau karnaval seluruh jajaran pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) kabupaten Paluta tampak memakai pakaian adat dari berbagai suku yang ada di Indonesia.

Terlihat ada yang memakai baju adat Mandailing, baju adat Batak Angkola, baju adat Melayu, baju adat Nias dan lain sebagainya.

"Sesuai dengan yang direncanakan, seluruh kepala OPD memakai baju adat daerah supaya pakaian adat yang ada di Indonesia dapat ditampilkan oleh pejabat yang ada di Pemkab Paluta," ujar Sekretaris Daerah Kabupaten Paluta Patuan Rahmat Syukur P Hasibuan, Kamis (17/8/2023).

Ia mengatakan, hal ini melambangkan bahwasanya daerah kabupaten Paluta menjunjung tinggi semboyan Bhinneka Tunggal Ika dan turut berperan melestarikan adat dan budaya yang ada di Indonesia.

Katanya, sesuai dengan arahan dan hasil koordinasi dari pihak panitia pelaksana peringatan HUT ke 78 Republik Indonesia, pakaian adat yang dipakai oleh seluruh OPD ini nantinya akan dinilai tim juri serta akan diumumkan dengan kategori penampilan pakaian adat terbaik.

"Ini diperlombakan dan akan ada nanti yang dinobatkan sebagai penampilan pakaian adat terbaik," sebutnya.

Dirinya berharap, semarak peringatan HUT Ke 78 Republik Indonesia ini bukan hanya seremonial saja. Namun menjadi momentum untuk mewujudkan tema yang diangkat yakni "Terus Melaju Untuk Indonesia Maju".

Sehingga nantinya kabupaten Paluta bisa menjadi salah satu daerah yang bisa berperan aktif serta menjadi salah satu daerah yang diperhitungkan dalam memajukan bangsa Indonesia kedepannya.

Pantauan, Sekdakab Paluta Patuan Rahmat Syukur P Hasibuan didampingi Ny Septi Helida Patuan Rahmat Hasibuan yang tampak memakai baju adat Batak Angkola memimpin rombongan kepala OPD yang juga memakai pakaian adat berbagai suku ikut berjalan menyapa masyarakat usai menyaksikan pawai deville dan karnaval di panggung penghormatan.(AR)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Semarak HUT Ke 78 RI, Jajaran Pimpinan OPD Paluta Berpakaian Adat

Trending Now

Iklan