Iklan


Terkait Video RG, Sekretaris PC IPNU Paluta : Kita Serahkan Saja Pada yang Berwajib

Redaksi Dalto Media
Jumat, 04 Agustus 2023 | 21:26 WIB Last Updated 2023-08-04T14:26:35Z

Foto : Sekretaris PC IPNU Paluta Alfin Syahrin Dasopang (istimewa).

PADANG LAWAS UTARA - Viralnya video dari Rocky Gerung yang dalam salah satu potongan videonya ada komentar atau kritik diduga melakukan penghinaan kepada Presiden Jokowi mendapat tanggapan dari sejumlah elemen masyarakat.

Salah satunya dari Sekretaris Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (PC IPNU) kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) Alfin Syahrin Dasopang yang menilai bahwa dalam video tersebut, RG terlihat mengutarakan kritik secara politik, namun juga bernada kasar dengan menggunakan frasa atau tata bahasa yang kurang etis.

Ia menilai, sepertinya ucapan tersebut memang ditujukan secara politis namun terlalu berlebihan dan cenderung menghina atau sudah mengarah ke sentimen pribadi.

"Sepertinya itu bukan lagi kritik dengan argumen tapi sudah mengarah ke sentimen," katanya, Kamis (3/8/2023).

Tambahnya, dirinya sebenarnya sangat mendukung jika ada kritik atau argumentasi yang mengkritik setiap kebijakan pemerintah dengan tetap berdasarkan data faktual ataupun ilmiah dengan tetap mengedepankan etika dan norma kesopanan.

Menurutnya, pernyataan atau kalimat seperti itu apalagi dari seseorang yang berpendidikan seperti RG dinilai akan sangat merusak mental dan cara pandang masyarakat umum terkait bagaimana kritik harus disampaikan.

"Sebagai tokoh atau orang yang berpendidikan tinggi seharusnya menyampaikan kritik yang mengedukasi masyarakat umum dan publik terutama kalangan muda dan anak - anak sebagai generasi penerus bangsa," tambahnya.

Karena itu, dirinya selaku Sekretaris PC IPNU Kabupaten Paluta sangat menyesalkan pernyataan dari RG yang dinilai telah menghujat dan menghina Presiden RI.

Untuk itu, ia berharap kepada seluruh masyarakat dalam sikap mengkritisi agar mengedepankan norma kesopanan dengan tidak menyampaikan kata - kata yang kasar atau tidak sesuai kultur ketimuran budaya Indonesia.

"Kalau masalah apakah pernyataan tersebut masuk proses hukum atau tidak, kita serahkan semuanya kepada pihak yang berwajib dalam menyikapinya," pungkasnya.(AR)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Terkait Video RG, Sekretaris PC IPNU Paluta : Kita Serahkan Saja Pada yang Berwajib

Trending Now

Iklan