Iklan


Puskesmas Gunung Tua Raih Akreditasi Paripurna

Redaksi Dalto Media
Selasa, 10 Oktober 2023 | 22:45 WIB Last Updated 2023-10-10T16:08:29Z

Foto : Puskesmas Gunung Tua (istimewa).

PADANG LAWAS UTARA - Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Gunung Tua mendapatkan Akreditasi Tingkat Paripurna dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) yang berlaku mulai tanggal 30 Agustus 2023 hingga 30 Agustus 2028.

"Alhamdulillah UPTD Puskesmas Gunung Tua lulus Akreditasi Paripurna, setelah sebelumnya menjalani survei re-akreditasi fasilitas kesehatan (faskes) tingkat pertama yang dilakukan Lembaga Akreditasi Fasilitas Kesehatan Indonesia (LAFKI) pada bulan Agustus kemarin," ujar Kepala UPTD Puskesmas Gunung Tua Ernita Manurung, Selasa (10/10/23).

Dijelaskannya, Puskesmas Gunung Tua sebelumnya telah menjalani survei akreditasi pada tahun 2017 dengan hasil Madya. Saat ini untuk pertama kalinya, Puskesmas Gunung Tua mendapat Akreditasi Tingkat Paripurna.

"Akreditasi ini menjadi pengakuan terhadap mutu pelayanan faskes tingkat pertama. Akreditasi paripurna merupakan predikat hasil penilaian tertinggi. Predikat ini diberikan berdasarkan penilaian terhadap manajemen mutu dan keselamatan pasien yang diterapkan di faskes tingkat pertama," terangnya.

Terkait akreditasi Paripurna yang diterima UPTD Puskesmas Gunung Tua, Ernita mengungkapkan, merupakan upaya peningkatan mutu pelayanan yang sudah dilaksanakan, mulai dari sarana, prasarana dan segi pelayanan. Termasuk penerapan Pencegahan Pengendalian Infeksi (PPI).

"Perbaikan juga terus dilakukan mulai dari gedung. Seperti kenyamanan di ruang tunggu pasien dan seluruh poli, kemudahan layanan pendaftaran pasien, dan penambahan alat kesehatan," jelasnya.

Ernita berharap, predikat Paripurna yang diterima oleh Puskesmas Gunung Tua ini dapat terus dipertahankan seiring dengan peningkatan kualitas dan mutu pelayanan kesehatan di Puskesmas Gunung Tua sesuai dengan visi misi Bupati Paluta Andar Amin Harahap.

"Mudah-mudahan kami bisa terus mempertahankan predikat ini dan seluruh petugas di Puskesmas Gunung Tua bisa meningkatkan mutu pelayanan. Predikat ini juga menjadi pemicu dan pemacu semangat kami dalam melayani masyarakat yang datang," ujarnya.

Tidak lupa, ia juga mengucapkan terima kasih kepada Kadis Kesehatan Padang Lawas Utara (Paluta), tim Surveior dan unsur terkait lainnya yang telah memberikan bimbingan dan dukungannya dalam peningkatan akreditasi Puskesmas Gunung Tua.

"Terima kasih kami ucapkan kepada ibu Kadis Kesehatan dr. Sri Prihatin Harahap, tim surveior, rekan-rekan di Puskesmas Gunung Tua, dan stakeholder lainnya yang telah meluangkan waktu dan pikirannya membantu kami dalam peningkatan akreditasi puskesmas Gunung Tua," pungkasnya. (AR)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Puskesmas Gunung Tua Raih Akreditasi Paripurna

Trending Now

Iklan