Iklan


Antisipasi Lonjakan Harga Jelang Nataru, Pemkab Paluta Bersama Bulog Gelar Pasar Murah

Redaksi Dalto Media
Kamis, 21 Desember 2023 | 15:14 WIB Last Updated 2023-12-21T08:14:00Z

Foto : Pj Bupati Paluta Patuan Rahmat Syukur P Hasibuan saat meninjau pelaksanaan pasar murah, Rabu (20/12/2023).

PADANG LAWAS UTARA - Menjelang natal dan tahun baru, Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) bekerjasama dengan Badan Urusan Logistik (Bulog) menggelar pasar murah di gerbang pasar Gunungtua, kecamatan Padang Bolak, Rabu (20/12/2023).

Penjabat Bupati Paluta Patuan Rahmat Syukur P Hasibuan bersama rombongan pimpinan OPD  Paluta melakukan peninjauan langsung pelaksanaan pasar murah yang menyediakan 2 jenis bahan pokok yakni beras dan minyak goreng.

Pj Bupati Paluta Patuan Rahmat Syukur P Hasibuan saat melakukan peninjauan menyampaikan bahwa pasar murah dilaksanakan dalam rangka menjaga stabilitasi pasokan dan harga pangan khususnya menyambut natal dan tahun baru (Nataru).

Dirinya mengapresiasi pelaksanaan kegiatan tersebut, dimana pasar murah memberi kemudahan akses masyarakat memperoleh bahan pokok dengan harga terjangkau.

"Pasar murah ini juga membantu masyarakat guna menstabilkan harga kebutuhan bahan pokok di pasaran," katanya.

Ia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak khususnya PT Bulog yang cukup berperan dalam pelaksanaan pasar murah yang sangat membantu masyarakat menghadapi natal dan tahun baru ini.

Senada, kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian kabupaten Paluta Ridi AP menyebutkan bahwa gerakan pasar murah ini dilaksanakan sebagai salah satu upaya pemerintah daerah dalam mengendalikan inflasi di daerah.

"Berdasarkan hasil pemantauan yang dilakukan petugas bapok ada beberapa komoditas barang pokok yang merangkak naik menjelang natal dan tahun baru. Mengantisipasi fenomena tersebut, kami dari pihak pemerintah daerah menggandeng pihak bulog selaku penyangga stok nasional untuk melakukan pasar murah," terangnya.

Sementara, Kepala Bagian Perekonomian dan SDA Sekretariat Daerah Kabupaten Paluta Jhonson M Siregar menjelaskan, pasar murah merupakan salah satu langkah dari Pemkab Paluta dalam hal ini Satgas Pangan dalam mencegah terjadinya lonjakan harga bahan pokok jelang nataru.

"Untuk menstabilkan harga serta memastikan stok dan ketersediaan bahan pokok apalagi ini menjelang perayaan Nataru," ujar Jhonson yang juga merupakan Sekretaris Satgas Pangan Paluta.

Ia menyebutkan bahwa pasar murah ini bekerjasama dengan pihak Bulog setta pihak OPD terkait lainnya dan dijadwalkan satu hari saja.

Katanya, dalam pasar murah ini ada 2 jenis bahan pokok yang disalurkan yakni minyak goreng sebanyak 400 bungkus ukuran satu liter dengan harga Rp13.500/liter dan beras sebanyak 400 zak ukuran berat 5 kg dengan harga Rp57.500/zak.

"Setiap orang hanya diperbolehkan membeli 2 liter minyak dan dua karung beras ukuran 5 kilogram," pungkasnya.(AR)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Antisipasi Lonjakan Harga Jelang Nataru, Pemkab Paluta Bersama Bulog Gelar Pasar Murah

Trending Now

Iklan