Iklan


Buka Diklat Satlinmas Desa, Plh Sekda Paluta Minta Satlinmas Jaga Stabilitas Politik

Redaksi Dalto Media
Selasa, 06 Februari 2024 | 16:59 WIB Last Updated 2024-02-06T09:59:27Z
Foto : Plh Sekda Paluta Makmur Harahap saat membuka pelaksanaan Diklat Satlinmas Desa, Selasa (6/2/2024).

PADANG LAWAS UTARA - Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) Makmur Harahap meminta Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Desa menjaga stabilitas politik dalam pelaksanaan Pemilu 2024.

"Peran aktif bapak/ibu diperlukan dalam menjaga ketentraman dan ketertiban umum (trantibum) di tingkat desa pada Pemilu yang akan kita laksanakan beberapa hari lagi," ujar Plh Sekda Paluta Makmur Harahap mewakili Pj Bupati Paluta saat membuka pelaksanaan Diklat Satlinmas Desa se-kabupaten Paluta yang di gelar di Gedung Serbaguna Paluta, Selasa (6/2/2024).

Kata Makmur, Satlinmas memiliki peran besar dalam menjaga stabilitas politik dan penguatan stabilitas keamanan di lingkungan masyarakat khususnya di Kabupaten Paluta.

"Anggota Satlinmas itu sendiri harus dipersiapkan untuk menjaga stabilitas politik termasuk persiapan menjaga trantibum saat agenda lima tahunan Pemilihan Umum (Pemilu), harapannya akan terjamin situasi pelaksanaan Pemilu yang tertib, kondusif, damai dan aman," ungkapnya.

Dalam laporannya, Kasatpol PP Paluta Indra Saputra Nasution menyampaikan, tujuan Diklat Satlinmas dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada anggota Satlinmas terkait tupoksi Satlinmas Desa.

"Maksud dan tujuan kegiatan Diklat Satlinmas Desa untuk memberikan memberikan pemahaman kepada anggota Satlinmas Desa terkait tugas pokok dan fungsi Satlinmas, serta untuk kesiap-siagaan dalam menghadapi Pemilu 2024," terangnya.

Dalam memastikan trantibum di kabupaten Paluta, Indra menyampaikan, sebanyak 1.940 orang peserta mengikuti kegiatan Diklat Satlinmas Desa.

"Kegiatan Diklat Satlinmas Desa se-kabupaten Paluta diikuti oleh 1.940 orang peserta perwakilan tiap-tiap desa se-kabupaten Paluta, pelaksanaannya dibagi menjadi dua gelombang, hari ini sebanyak 930 orang, dan besok 1.010 orang," pungkasnya. (AR)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Buka Diklat Satlinmas Desa, Plh Sekda Paluta Minta Satlinmas Jaga Stabilitas Politik

Trending Now

Iklan