Iklan


KPU Paluta Akan Melaksanakan PSU di TPS 001 Desa Pijor Koling

Redaksi Dalto Media
Selasa, 20 Februari 2024 | 21:30 WIB Last Updated 2024-02-20T14:30:07Z
Foto : Ilustrasi pemungutan suara.

PADANG LAWAS UTARA - Pemungutan Suara Ulang (PSU) akan digelar di salah satu tempat pemungutan suara (TPS) desa Pijorkoling, kecamatan Padang Bolak Tenggara, kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta).

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Paluta Raja Dolok Harahap mengatakan pemungutan suara ulang dilakukan oleh KPU berdasarkan rekomendasi yang dikeluarkan oleh Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Paluta.

Dimana, di dalam surat rekomendasi tersebut Bawaslu Paluta menyebutkan bahwa di TPS 001 yang ada di desa Pijor Koling ditemukan pelanggaran.

"PSU digelar berdasarkan rekomendasi dari Bawaslu yang menyebutkan bahwa pada pemilihan 14 Februari kemarin di salah satu TPS terdapat pemilih yang menggunakan hak pilihnya lebih dari 1 kali," katanya, Selasa (20/2/2024).

Raja Dolok mengatakan PSU ini akan dilaksanakan pada hari Rabu (21/2) untuk seluruh tingkatan surat suara yakni Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPD, DPR RI, DRPD Provinsi dan DPRD Kabupaten.

Saat ini pihaknya tengah mempersiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk melaksanakan pemungutan suara ulang di TPS 001 Desa Pijorkoling dengan pemilih sebanyak 188 daftar pemilih tetap (DPT).

Selain itu, lanjut Raja Dolok menjelaskan, seluruh petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang nantinya melaksanakan PSU akan diganti.

"Rencananya petugas KPPS yang kita pakai adalah petugas KPPS dari TPS 002 di desa itu juga," ungkapnya.

Di sisi lain, Bawaslu Paluta saat dihubungi mengonfirmasi kebenaran terkait rekomendasi pemungutan suara ulang tersebut. 

"Iya bang. Kita sudah membuat dan mengirimkan rekomendasi pelaksanaan PSU ke KPU Paluta," kata Kordiv Hukum, Pencegahan, Parmas dan Humas pada Bawaslu Paluta, Ahmad Rajen Hasibuan.(AR)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • KPU Paluta Akan Melaksanakan PSU di TPS 001 Desa Pijor Koling

Trending Now

Iklan