Iklan


PWI Paluta Minta Bawaslu Usut Tuntas Aktor Pelanggaran Pemilu di TPS 001 Pijorkoling

Redaksi Dalto Media
Jumat, 23 Februari 2024 | 12:23 WIB Last Updated 2024-02-23T05:23:20Z
Foto : Akibat adanya pelanggaran administrasi pemilu atau dugaan kecurangan, PSU digelar di TPS 001 desa Pijorkoling, kecamatan Padang Bolak Tenggara, Rabu (21/02) lalu.

PADANG LAWAS UTARA - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) diminta untuk mengusut tuntas pelanggaran Pemilu di TPS 001 Desa Pijorkoling, Kecamatan Padang Bolak Tenggara, termasuk mengungkap dalang kecurangan tersebut.

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Paluta Lomo Siregar, Jumat (23/2/2024) siang.

"Agar Bawaslu, Kejari Paluta dan Polres Tapsel (Gakkumdu) mengusut tuntas, transparan dan menindak tegas tanpa pandang bulu para pelaku dan aktornya," katanya.

Menurutnya, pelanggaran atau kecurangan yang dilakukan oleh oknum ketua dan anggota KPPS TPS 001 Desa Pijorkoling dengan mencoblos 30 sisa surat suara itu diduga disebabkan adanya paksaan dari pihak atau oknum tertentu.

Selain itu, kemungkinan ada kesepakatan jahat atau dugaan praktek jual beli suara antara kedua belah pihak yakni oknum jajaran KPPS TPS 001 Desa Pijorkoling dan oknum yang menjadi dalang kecurangan dengan tujuan untuk memenangkan caleg atau salah satu parpol peserta Pemilu.

"Mengutip surat rekomendasi Bawaslu Paluta kepada KPU Paluta untuk pelaksanaan PSU disebutkan bahwa ketua dan anggota KPPS TPS 001 secara sah dan meyakinkan bersalah karena melakukan pelanggaran," ujarnya.

Lomo menyebutkan, bahwa Ketua Bawaslu Paluta Panggabean Hasibuan juga sudah menyampaikan hasil pemeriksaan terhadap ketua dan anggota KPPS tersebut.

Dalam pernyataannya di salah satu media online, oknum ketua dan anggota KPPS tersebut mengaku dipaksa oleh salah satu oknum Caleg DPRD kabupaten/kota inisial MKH untuk memilih dirinya.

Untuk itu, Sekretaris PWI Paluta ini mendesak Bawaslu Paluta agar sesegera mungkin menyelesaikan kasus ini.

"Bawaslu harus berani menindak tegas pelaku pelanggaran dan kecurangan pemilu," pungkasnya. (AR)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • PWI Paluta Minta Bawaslu Usut Tuntas Aktor Pelanggaran Pemilu di TPS 001 Pijorkoling

Trending Now

Iklan