Iklan


Ketum HMI Komisariat STIT-PL Gunungtua Ajak Masyarakat Jaga Kondusifitas dan Toleransi

Redaksi Dalto Media
Jumat, 29 Maret 2024 | 14:23 WIB Last Updated 2024-03-29T07:23:56Z
Foto: Ejji Darisman Harahap.

PADANG LAWAS UTARA - Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat STIT-PL Gunungtua Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) Ejji Darisman Harahap mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menjaga kondusifitas dan toleransi umat beragama selama peringatan hari Paskah 2024 oleh umat kristiani khususnya di kabupaten Paluta, Jumat (29/3/2024).

Apalagi katanya, momen perayaan ibadah Paskah tahun 2024 ini bertepatan juga dengan kegiatan umat Islam yang sedang menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan.

"Kita harus bersama menjaga kondusifitas dan keharmonisan serta kebersamaan yang selama ini sudah berjalan dengan baik," katanya.

Tambahnya, kerukunan bersifat dinamis dan karena kondisi masyarakat Paluta yang selama ini cukup rukun harus senantiasa dirawat agar terus terjaga yang salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan terus menumbuhkan sikap toleransi.

Ia juga mengatakan dengan keberagaman suku, bangsa, budaya dan agama, seluruh masyarakat dapat bersatu untuk saling toleransi dalam kehidupan sehari-hari. 

"Dalam kehidupan yang majemuk dan tersusun masyarakat mayoritas dan minoritas dimana yang mayoritas menyayangi yang minoritas dan yang minoritas menghormati yang lebih banyak dan inti dari semuanya adalah saling menghargai keberadaan masing-masing," sebutnya.

Hal ini dapat tercermin dari pemahaman dan sikap bahwa setiap orang memiliki kedudukan dan derajat yang sama serta hanya berbeda dari segi agama dan keyakinan sehingga harus tetap saling menghormati.

Ejji juga menyebutkan hal lain yang penting dikedepankan dalam menjaga toleransi adalah tidak mudah terprovokasi. Dimana setiap masyarakat harus menghindari sikap atau ujaran yang berpotensi menyebabkan ketersinggungan, baik terkait persoalan intern dan antar umat beragama.

"Bersama-sama menciptakan kedamaian di antara umat yang berbeda dalam suatu masyarakat yang memiliki kemajemukan, maka kedamaian bisa terwujud yang didasari adanya sikap saling menghormati dan menghargai," pungkasnya. (AR)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ketum HMI Komisariat STIT-PL Gunungtua Ajak Masyarakat Jaga Kondusifitas dan Toleransi

Trending Now

Iklan