Iklan


Calon Jemaah Haji Kabupaten Paluta Tahun 2024 Ikuti Manasik Haji

Redaksi Dalto Media
Senin, 06 Mei 2024 | 12:52 WIB Last Updated 2024-05-06T05:54:29Z

 

Foto: Pj Bupati Paluta Patuan Rahmat Syukur P Hasibuan menyalami peserta manasik haji, Senin (6/5/2024).

PADANG LAWAS UTARA- Sebanyak 188 Calon Jamaah Haji Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) mengikuti pelaksanaan Manasik Haji yang diadakan oleh Pemkab Paluta di Aula Mesjid Raya Gunungtua, Senin (6/5/2024).

Penjabat (Pj) Bupati Paluta Patuan Rahmat Syukur P Hasibuan mengatakan, manasik haji merupakan bekal tentang tata cara pelaksanaan haji sehingga jemaah haji dapat beribadah dengan lancar dan benar sesuai kaidah agama.

Manasik haji juga memberikan ilmu pengetahuan dan keterampilan bagi jemaah, baik menjelang pemberangkatan, pada saat pelaksanaan hingga kembali ke daerah asal nanti.

"Saya berharap agar seluruh calon haji sungguh-sungguh mengikuti bimbingan, rajin membaca, mempelajari materi, agar pengetahuan tentang ibadah haji terus bertambah, sehingga nantinya mendapat predikat haji mabrur," ucapnya.

Selain itu, lanjut Patuan, jemaah calon haji juga harus mulai disiplin mengatur waktu dengan sebaik-baiknya, berupaya menjaga kesehatan dengan mengatur pola makan, minum dan istirahat yang cukup.

Berdasarkan data Kementerian Agama (Kemenag), untuk Kabupaten Paluta 46% jemaah calon haji tahun 2024 merupakan lansia, dengan jemaah tertua berumur 81 tahun atas nama Mangaraja Hulala warga Desa Sosopan, Kecamatan Padang Bolak.

Sementara, untuk jemaah calon haji termuda berusia 33 tahun atas nama Muhammad Lokot warga desa Pagaran Tonga, Kecamatan Simangambat.

Kemenag juga telah merilis jadwal pemberangkatan dan pemulangan jemaah haji Kabupaten Paluta yang dijadwalkan mulai masuk asrama haji pada 8 Juni dan akan diberangkatkan dari Mesjid Raya Gunungtua pada 7 Juni 2024. Berdasarkan jadwal rencananya jemaah haji Kabupaten Paluta akan tiba ditanah air pada 21 Juli 2024.

Turut hadir dalam acara manasik haji tersebut, Kakan Kemenag Paluta, Para Pejabat Struktural di Lingkungan Pemkab Paluta, Ketua MUI Paluta, Ketua FKUB Paluta, Ketua Baznas Paluta, Ketua Dewan Mesjid Indonesia Paluta, Para Petugas Haji Daerah, Tokoh Agama dan Masyarakat Kabupaten Paluta. (AR)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Calon Jemaah Haji Kabupaten Paluta Tahun 2024 Ikuti Manasik Haji

Trending Now

Iklan