Iklan


TPPS Kabupaten Paluta Ikuti Penilaian Kinerja Stunting Kabupaten/Kota se-Sumut Tahun 2023

Redaksi Dalto Media
Rabu, 15 Mei 2024 | 22:13 WIB Last Updated 2024-05-15T15:13:49Z
Foto: TPPS Kabupaten Paluta ikuti penilaian kinerja stunting Provinsi Sumut melalui daring, Selasa (14/5/2024).

PADANG LAWAS UTARA - Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) mengikuti Penilaian Kinerja Stunting Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara Tahun 2023 secara daring yang dilaksanakan oleh TPPS Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dengan peserta Kabupaten/ Kota se-Sumut, di Ruang Rapat Kantor Bupati Paluta, Selasa (14/5/2024).

Penjabat Bupati Paluta Patuan Rahmat Syukur P Hasibuan yang diwakili Plh Sekretaris Daerah Kabupaten Paluta Makmur Harahap yang merupakan Ketua TPPS Kabupaten Paluta dalam paparannya menyampaikan 8 Aksi Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Paluta tahun 2023 dan 2024.

Paparan tersebut diawali dengan gambaran umum Kabupaten Paluta, trend prevalensi stunting, pelaksanaan 8 (delapan) Aksi Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Paluta tahun 2023 dan 2024 serta upaya yang akan dan sudah dilakukan TPPS Kabupaten Paluta pada tahun 2023 dan 2024.

Lebih lanjut, Plh Sekda Paluta memaparkan berbagai rencana kegiatan Percepatan Penurunan Stunting tahun 2024 berdasarkan target dan capaian yang dilakukan dengan penanganan intervensi sensitif dan spesifik.

"Pertama, pendamping dan pencatatan keluarga beresiko stunting oleh tim pendamping keluarga (TPK), targetnya 398 TIM/10 kali pendamping dan pencatatan, kedua, koordinasi TPPS di tingkat Kabupaten dengan target 4 kali pelaksanaan," ujarnya kepada tim penilai.

Ia juga menyampaikan berbagai inovasi yang dilakukan TPPS Kabupaten Paluta dalam menurunkan angka stunting di Kabupaten Paluta pada tahun 2023 dan 2024 melalui program Peasting dan Nuceting.

"Pada tahun 2023 inovasi Peasting (Peduli Anak Stunting) nama kegiatan program bapak asuh anak stunting, dengan bentuk kegiatan pemberian PMT selama 3 bulan berturut-turut kepada 50 anak stunting di 8 desa lokus stunting, kemudian inovasi Nuceting (Nutrisi Cegah Stunting), nama kegiatan program perbaikan gizi masyarakat, dengan bentuk kegiatan pemberian makanan tambahan berbasis pangan lokal. Pada tahun 2024, inovasi Peasting juga sudah dilakukan dengan penyaluran PMT kepada 34 anak stuning di kecamatan Portibi dan Padang Bolak oleh bapak Pj Bupati," tambahnya.

Setelah pemaparan, dilanjutkan dengan diskusi antara Tim Panelis Provinsi Sumut dengan TPPS Kabupaten Paluta yang menghasilkan berbagai rekomendasi ke depan untuk percepatan penurunan angka pravelensi stunting di Kabupaten Paluta. (AR)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • TPPS Kabupaten Paluta Ikuti Penilaian Kinerja Stunting Kabupaten/Kota se-Sumut Tahun 2023

Trending Now

Iklan