Iklan


Hadapi Era Digital Dengan Transformasi Teknologi, Desa Parparean I Gelar Orientasi Digital

Redaksi Dalto Media
Rabu, 05 Juni 2024 | 21:11 WIB Last Updated 2024-06-05T14:11:50Z
Foto: Desa Parparean I gelar kegiatan Orientasi Digital.

TOBA - Langkah inovatif untuk mempersiapkan masyarakat menyongsong era baru teknologi, Desa Parparean I menyelenggarakan kegiatan Orientasi Digital Ruang Komunitas Digital Desa Parparean I, Selasa (4/6/2024).

Dengan tema "Transformasi Digital Desa Menyongsong Era Baru dengan Teknologi", kegiatan yang dilakukan di Kantor Desa Parparean I ini dihadiri oleh masyarakat desa dengan penuh antusias untuk meningkatkan literasi digital mereka.

Heriyanto Sirait, yang dikenal sebagai Duta Digital Kabupaten Toba, sebagai narasumber utama menjelaskan bahwa ruang komunitas digital desa adalah bagian dari program Kementerian Desa yang bertujuan untuk meningkatkan literasi digital dan memberdayakan masyarakat desa melalui teknologi digital.

"Program ini bukan hanya tentang teknologi, tetapi tentang menciptakan Desa Cerdas yang mampu memanfaatkan data dan teknologi digital untuk perencanaan dan pelaksanaan pembangunan," jelas Heriyanto, menyoroti pentingnya adaptasi teknologi di tingkat desa.

Kepala Desa Parparean I, Saut P. Napitupulu, dalam sambutannya, menegaskan komitmen desa terhadap inisiatif ini.

"Kami melihat potensi besar dalam ruang komunitas digital ini. Jika program ini menunjukkan hasil yang signifikan, kami siap mengalokasikan dana desa untuk pemberdayaan masyarakat melalui berbagai program kader digital yang ditawarkan oleh Duta Digital Kabupaten Toba," ungkap Saut.

Sintong Napitupulu, kader digital Desa Parparean I, memberikan gambaran mengenai peran penting kader digital.

"Kami di sini untuk membantu masyarakat mengakses dan memanfaatkan teknologi digital, sehingga mereka dapat ikut serta dalam pembangunan desa yang lebih modern dan efisien," kata Sintong.

Acara ini tidak hanya berfungsi sebagai sesi orientasi, tetapi juga sebagai katalisator untuk perubahan. Masyarakat Parparean I diajak untuk melihat teknologi bukan sebagai ancaman, tetapi sebagai alat untuk meningkatkan kualitas hidup dan memajukan desa.

Dengan tema "Transformasi Digital Desa Menyongsong Era Baru dengan Teknologi", kegiatan ini menekankan pentingnya literasi digital sebagai kunci untuk membuka peluang baru dan menghadapi tantangan masa depan.

Dengan dukungan penuh dari masyarakat dan kepemimpinan desa, Desa Parparean I siap menjadi contoh bagaimana desa dapat bertransformasi melalui teknologi digital. Inisiatif ini diharapkan menjadi langkah awal yang solid menuju desa yang lebih cerdas, berdaya saing, dan siap menghadapi era digital. (AR)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Hadapi Era Digital Dengan Transformasi Teknologi, Desa Parparean I Gelar Orientasi Digital

Trending Now

Iklan