Iklan


Aneh, Kades di Paluta Ini Tidak Mau Tandatangan Berkas Warganya Ikut Tes Kepolisian

Redaksi Dalto Media
Minggu, 23 Juni 2024 | 12:37 WIB Last Updated 2024-06-23T08:50:45Z
Foto: Ilustrasi.

PADANG LAWAS UTARA - Chandra Wijaya Harahap pemuda asal Desa Langkimat, Kecamatan Simangambat, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) terancam tidak bisa menjadi Calon Siswa (Casis) Kepolisian Republik Indonesia (Polri) tahun anggaran 2024.

Pasalnya, beberapa surat keterangan dari Desa yang harus dimasukan sebagai salah satu persyaratan dalam dokumen atau berkas tidak mau ditandatangi Kepala Desa Langkimat Humala Pontas Harahap.

Hal itu diketahui sesuai keterangan dari kedua orangtuanya yakni Parlindungan Harahap dan Mardia Hayati Siregar didampingi anggota DPRD Paluta Hermansyah Lubis ketika menghubungi media, Sabtu (22/6/2024).

"Anak saya atas nama Chandra Wijaya Harahap mau menjadi calon siswa Polri dan saat ini sudah tahap Pantohir di Polda Sumut. Jadi ada butuh beberapa surat keterangan yang perlu ditandatangani Kades, tapi Kades tidak mau tandatangan," terangnya.

Parlindungan Harahap menuturkan, mereka bersama anaknya sudah mendatangi kades untuk memohon agar segala berkas-berkas tersebut segera ditandatangani berhubung berkas tersebut sudah mendesak sebagai salah satu persyaratan.

Namun, sesampainya di sana sang Kades malah tidak menggubris dan tidak peduli terhadap permintaan keperluan warganya.

"Kades sama sekali tidak menggubris kedatangan kami," tambahnya.

Ia menduga, hal ini berkemungkinan akibat dari permasalahan perbedaan pilihan politik pada pelaksanaan Pemilu 2024 lalu.

Sementara itu, anggota DPRD Kabupaten Paluta Hermansyah Lubis mengatakan bahwa dirinya sudah berupaya membantu dengan menghubungi Kades Langkimat melalui telepon dan memohon agar Kades menandatangani berkas-berkas yang dibutuhkan warga tersebut.

Anggota DPRD Paluta dari Partai Amanat Nasional (PAN) dari daerah pemilihan 3 Paluta ini mengatakan bahwa pada saat dihubungi, Kades Langkimat sudah menyatakan bersedia menandatangani berkasnya dan meminta agar warga tersebut menghubunginya.

"Saya sudah meminta melalui telepon, dan Kades sudah bersedia dan menyuruh agar si Chandra bersama orangtuanya menghubungi atau datang langsung ke rumahnya," terangnya.

Namun, dari penyampaian warga tersebut kepada dirinya, Kades tetap tidak mau menandatangani berkas tersebut dan malah tidak menggubris kedatangan mereka.

Masih dari keterangan warga tersebut, Kades Langkimat juga malah menyampaikan kalimat bahwa dirinya tidak mau menandatangani berkas tersebut dan mengatakan tidak takut seandainya warga itu mengadu atau melapor kemana saja.

"Seharusnya pemimpin itu mengayomi dan jadi pelayan bagi warganya selama hal itu tudak menyalahi aturan. Kami akan terus menelusuri dan menyelesaikan permasalahan ini karena menyangkut hak hidup masyarakat," pungkasnya.

Hingga berita ini diturunkan, Kepala Desa Langkimat Humala Pontas Harahap belum bisa dikonfirmasi untuk memberikan tanggapan terkait permasalahan ini. (AR)


Foto : ilustrasi.()

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Aneh, Kades di Paluta Ini Tidak Mau Tandatangan Berkas Warganya Ikut Tes Kepolisian

Trending Now

Iklan