Iklan


Pantarlih Pilkada 2024 Kecamatan Padang Bolak Tenggara Dilantik

Redaksi Dalto Media
Senin, 24 Juni 2024 | 19:27 WIB Last Updated 2024-06-24T12:27:59Z
Foto: Ketua PPK Padang Bolak Tenggara Hotnita Parapat saat memberikan sambutan.

PADANG LAWAS UTARA - Sebanyak 33 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024, se-Kecamatan Padang Bolak Tenggara, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) resmi dilantik, di aula Kantor Camat Padang Bolak Tenggara, Senin (24/6/2024).

Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Padang Bolak Tenggara Hotnita Parapat mengatakan, pelantikan Pantarlih se-Kecamatan Padang Bolak Tenggara diikuti sebanyak 33 orang dari 14 desa.

"Mereka ini akan bertugas di 22 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di Kecamatan Padang Bolak Tenggara," kata Hotnita usai acara pelantikan.

Pantarlih yang dilantik ini katanya, akan bertugas melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) pemilih untuk Pilkada Serentak 2024 di Kecamatan Padang Bolak Tenggara untuk mengetahui apakah ada masyarakat yang telah terdata sebelumnya masih akan memilih dalam Pilkada Serentak 2024 nanti.

"Jadi tugas Pantarlih adalah coklit yang nanti hasilnya akan dilakukan penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kabupaten Padang Lawas Utara. Sebab bisa jadi ada warga yang telah meninggal dunia, pindah jiwa atau karena sebab tertentu tidak dapat menjadi pemilih," ujarnya.

Senada, Anggota PPK Padang Bolak Tenggara Bidang Divisi Perencanaan Data dan Informasi Sentosa Pasaribu mengatakan, semua Pantarlih setelah dilantik akan langsung turun ke rumah-rumah warga dengan masa tugas 24 Juni-24 Juli 2024.

"Sebelum mereka turun, semua Pantarlih hari ini akan mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk memberi pemahaman tentang tugas dan fungsi mereka ketika menjalankan tugas," kata Sentosa Pasaribu sebelum memberikan materi Bimtek.

Foto: Pantarlih yang dilantik mengucapkan sumpah.

Sementara itu, perwakilan Ketua PPS Desa Siunggam Tonga Ali Yahya Harahap mengharapkan Pantarlih dapat melaksanakan tugasnya dengan penuh kehati-hatian dalam melakukan pendataan pemilih demi terciptanya proses demokrasi yang jujur dan adil.

"Sebagai perwakilan dari ke 14 desa, saya mengucapkan selamat kepada Pantarlih yang terpilih, Pantarlih merupakan ujung tombak dalam pemuktahiran data di desa. Jadi harap berhati-hati dalam penyesuaian data pemilih," imbuhnya.

Turut hadir dalam pelantikan tersebut, Ketua Panwascam Padang Bolak Tenggara Parsatuan Siregar dan anggota, Camat yang diwakili Sekretaris Camat Ali Wardana Pohan, Ketua dan Anggota PPS se-Kecamatan Padang Bolak Tenggara, dan undangan lainnya. (AR)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pantarlih Pilkada 2024 Kecamatan Padang Bolak Tenggara Dilantik

Trending Now

Iklan