Iklan


Pengamat Sebut Klarifikasi Yusuf Siregar Mempertegas Adanya Kezaliman yang Tersembunyi

Redaksi Dalto Media
Jumat, 30 Agustus 2024 | 19:03 WIB Last Updated 2024-08-30T19:30:40Z
Foto: Barli Halim, SH., MH (istimewa)

DELI SERDANG - Pengamat Hukum, Barli Halim, SH.,MH menilai klarifikasi dari Ali Yusuf Siregar terkait masalah pelantikan 89 pejabat eselon III telah mempertegas kezaliman yang tersembunyi dari seorang mantan kepala daerah. Sebab penjelasan tentang mekanisme pengangkatan, membuka tabir betapa tidak bijaknya seorang Bupati Deli Serdang terhadap bawahannya.

Menurut Barli, masalah pelantikan 89 pejabat eselon III di Pemkab Deli Serdang bukan terletak pada persoalan izin Kementerian atau mekanisme yang berlaku sesuai Undang-undang saja. Melainkan dampak yang terjadi ketika sebuah keputusan dijalankan dengan kondisi yang bisa menyebabkan orang lain menjadi korban.

"Jadi sebenarnya, video klarifikasi Ali Yusuf Siregar pada saat pendaftaran di KPU Deli Serdang, yang kita dapat dari media sosial, mempertegas kezaliman yang ia sembunyikan sendiri. Artinya, mengabaikan nasib orang lain yang juga merupakan bawahannya saat itu," ujar Barli kepada wartawan, Jumat (30/8/2024).

Ditambahkan Barli, bahwa tindak lanjut dari rangkaian proses pelantikan sebagaimana penjelasan Ali Yusuf Siregar, bahwa sebanyak 89 pejabat eselon III akan dilantik setelah mendapatkan izin dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Namun di sisi lain, ada dua pejabat eselon III yang menjalani proses lelang dan diusulkan (lulus) naik ke eselon II.

"Dari 89 orang pejabat eselon III yang akan dilantik itu, dua diantaranya akan mengisi jabatan kedua orang yang ikut lelang tadi. Namun posisi barunya, belum ada izin untuk dilantik dari Kementerian. Adilnya, kepala daerah itu harus menunggu proses lelang selesai hingga izin melantik keluar dari Kemendagri. Agar dua pejabat yang ikut lelang tadi, tidak 'nonjob' secara otomatis, menunggu dilantik," jelas Barli.

"Kenapa zalim, karena ini semacam efek domino. Harusnya pelantikan itu dilakukan serentak, setelah semuanya mendapat izin. Baik yang eselon II, maupun eselon III hasil lelang jabatan. Tetapi ternyata, justru di penghujung masa jabatan, Ali Yusuf Siregar yang saat itu Bupati Deli Serdang, melantik 89 pejabat eselon III dimaksud. Dampaknya, dua pejabat yang lulus lelang jabatan eselon II, menjadi 'nonjob' secara otomatis menunggu izin pelantikan keduanya dari Kemendagri," tambah Barli.

Barli menduga, adanya unsur Mal Administrasi dan diduga unsur kesengajaan yang dilakukan oleh AYS sebagai kepala daerah.

"Patut kita duga, ini ada unsur Mal Administrasi. Sebab pelantikan 89 pejabat eselon III, secara otomatis dua pejabat yang lolos lelang jabatan eselon III, meninggalkan jabatannya hingga batas waktu yang tidak diketahui. Jadi, AYS tidak menonjobkan pejabat, tetapi perbuatannya menjadikan bawahannya sendiri, nonjob otomatis. Inilah yang kita maksud, kezaliman yang disembunyikan. Karena tidak mungkin seorang kepala daerah tidak tahu itu," katanya lagi.

Selain itu, Barli melihat persoalan ini bisa menjadi jalan bagi ASN yang menjadi korban 'nonjob' otomatis atas tindakan AYS (Bupati Deliserdang saat itu), mengajukan gugatan atas dugaan kelalaian kepala daerah.

"Aneh saja kalau yang bersangkutan memberikan klarifikasi, seakan-akan ia tidak bersalah, padahal dia masih bisa menghentikan untuk melantik 2 orang pejabat eselon III yang memaksa orang menjadi korban. Apalagi kabarnya, dia mencalonkan diri di Pilkada Deliserdang. Apa mau menambah kezaliman lagi, kasihan dua pejabat yang lolos lelang jabatan, nasibnya hingga kini belum jelas," pungkasnya.

Sementara itu, terkait ada tidaknya pelanggaran aturan yang dilakukan oleh AYS, Barli mengaku masih mendalami lebih lanjut terkait pelantikan yang berdampak pada 'nonjob'-nya seseorang. Termasuk waktu pelantikan yang berlangsung sehari sebelum masa jabatan Bupati berakhir, merupakan langkah yang menurutnya mencurigakan.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pengamat Sebut Klarifikasi Yusuf Siregar Mempertegas Adanya Kezaliman yang Tersembunyi

Trending Now

Iklan