Iklan


Pengamat : Hasil Survei, Tingkat Elektabilitas Kepada Petahana Deli Serdang Dibawah 50 Persen

Redaksi Dalto Media
Minggu, 11 Agustus 2024 | 18:46 WIB Last Updated 2024-08-11T11:48:45Z
Foto: Irwan Lubis (istimewa).

DELI SERDANG - Sebagai masyarakat Kabupaten Deli Serdang yang aktif dalam kegiatan Sosial Politik, Irwan Lubis berpandangan bahwa survei Elektabilitas AYS sebagai Bupati Deli Serdang yang berakhir pada 22 April 2024 tidak aman menjelang Pemilihan Kepala Daerah 2024, sebab berdasarkan hasil survei yang di rilis berdasarkan beberapa Lembaga Survei periode 27 Mei – 3 Juni 2024, elektabilitas AYS berada di bawah angka 50 persen. Menurut Irwan, petahana tak memiliki peluang besar untuk memenangkan kontestasi Pilkada Deli Serdang jika elektabilitasnya tak melampaui angka 50 persen. 

Masih pendapat Irwan sebagai alumni HMI yang menyelesasikan kuliah di UNIMED, bahwa dalam persiapan tim pemenangan dari masing - masing Bakal Calon Bupati Deli Serdang saat ini memiliki peluang untuk memenangkan kontestasi masih sama besar, karena dari 4 tahun lebih AYS menjadi Wakil Bupati dan hampir 6 bulan menjabat sebagai Bupati tidak mampu menghasilkan performa yang maksimal dalam survei elektabilitas, padahal bakal calon yang lain belum bekerja menunjukkan elektabilitasnya pada periode Mei - Juni 2024.

"Dengan tersisa waktu sekitar empat bulan jelang masa pencoblosan pada November 2024  mendatang, saya yakin bakal calon Bupati selain AYS masih dapat lebih unggul, saya melihat kalau seorang petahana itu sudah di bawah 50 persen, kalau menurut statistik itu artinya kalah," kata Irwan di salah satu cafe, Percut Sei Tuan, Sabtu (10/8/2024).

Lebih lanjut menurut Irwan yang pernah menjadi aktivis di UNIMED ini, popularitas dan elektabilitas AYS serta pertanyaan top of mind yang dilakukan oleh lembaga survey AYS selalu menjadi yang tertinggi, menurut saya sebagai suatu yang wajar, karena masih dekat dengan waktu pertanyaanya dengan pengaruh kekuasaan beliau selama menjabat sebagai Wakil Bupati periode 2019- 2024, akan tetapi sebagai calon petahana jika keberhasilan dan prestasi yang pernah dilakukan beliau sebagai Bupati yang pernah dijabat dalam kurun waktu sekitar enam bulan idealnya elektabiltas harus diatas 50 persen, akan tetapi ini tidak dan belum mencapai diatas 50 persen.

Fakta ini menunjukkan bahwa peluang masih sangat terbuka untuk kandidat lain untuk bisa mengimbangi dan menggungguli hasil yang diraih oleh AYS dalam setiap surveinya. Apalagi menurut Irwan, peta politik pasangan Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Deli Serdang masih sangat cair untuk lebih dari 2 pasang Balon Bupati dan Wakil Bupati.

"Ya bisa 3 ataupun 4 pasangan masih sangat terbuka dan dinamis untuk terjadi dalam Pilkada November mendatang, belum lagi di ujung menjelang pendafataran calon di KPU nama-nama sudah semakin mengerucut ke beberapa nama antara lain AYS & BAS, dr Asri Ludi Tambunan & Lom-Lom Suwondo, Sofyan Nasution & Junaidi Parapat dan itu sudah beredar di masyarakat dan media dengan rekam jejak prestasi masing-masing kandidat, hal ini semakin meningkatkan nuansa demokratisasi dalam Pilkada di Kabupaten Deli Serdang, sehingga persaingan terkait popularitas maupun elektabilitas akan semakin ketat dengan kerja-kerja pasangan calon yang sudah muncul beserta partai nya untuk meraih simpatik warga Deli Serdang," tukasnya. (AR)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pengamat : Hasil Survei, Tingkat Elektabilitas Kepada Petahana Deli Serdang Dibawah 50 Persen

Trending Now

Iklan