Iklan


Tim Verifikasi STBM Award Tahun 2024 Kunjungi Kabupaten Paluta

Redaksi Dalto Media
Rabu, 11 September 2024 | 16:32 WIB Last Updated 2024-09-11T12:05:51Z
Foto: Tim verifikasi STBM Award kunjungi kabupaten Paluta, Rabu (11/9/2024).

PADANG LAWAS UTARA - Penjabat (Pj) Bupati Padang Lawas Utara (Paluta) Patuan Rahmat Syukur P Hasibuan menerima kunjungan Tim verifikasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Award dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Kunjungan yang berlangsung pada Rabu (11/9/2024) di ruang rapat Bupati Paluta ini untuk menilai pencapaian dan implementasi program di Kabupaten Paluta.

Pj Bupati Paluta Patuan Rahmat Syukur P Hasibuan menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas kehadiran tim verifikasi, serta menjelaskan berbagai langkah yang telah diambil dalam meningkatkan sanitasi dan kesehatan masyarakat.

Katanya, STBM merupakan program nasional yang bertujuan untuk mengubah perilaku higienis dan saniter di masyarakat yang dapat menurunkan angka penyakit diare dan penyakit berbasis lingkungan khususnya stunting.

"STBM Award menjadi ajang pengakuan atas keberhasilan daerah dalam upaya percepatan perubahan perilaku masyarakat hidup sehat dengan tidak ada lagi praktek buang air besar sembarangan, mencuci tangan pakai sabun dan mengelola air minum dan makanan di rumah tangga," katanya.

Tambahnya, keberlanjutan kinerja Bupati Paluta mendapatkan penghargaan STBM Award tingkat nasional tahun 2023 kategori Pratama yaitu pilar I stop BABS.

Untuk meneruskan prestasi yang sudah dicapai, program STBM terus berjalan hingga pada tahun 2024 ini kabupaten Paluta akan menuntaskan pilar 2 yakni cuci tangan pakai sabun dan pilar 3 pengelolaan air minum dan makanan rumah tangga.

"Tentunya tidak terlepas dari dukungan dan perhatian seluruh OPD terkait, peran kecamatan, pemerintah desa, mitra kerja pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat," tambahnya.

Hal ini juga, untuk menyahuti surat Kementerian Dalam Negeri RI Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah nomor : 400.5.5/6746/BANGDA dan surat Kemenkes RI Dirjen Pencegahan dan Pengendalian penyakit nomor : KL.01.04/C.VI/2796/2024 tentang pelaksanaan verifikasi STBM Award tahun 2024.

Ia menambahkan bahwa ini merupakan satu kebanggaan bagi kabupaten Paluta yang merupakan satu-satunya kabupaten di Sumatera Utara yang telah lulus verifikasi dokumen di tingkat pusat dan selanjutnya akan dilaksanakan verifikasi lapangan untuk memastikan apakah dokumen yang dilaporkan sesuai dengan kondisi lapangan.

"Besar harapan kami apa yang ada di dokumen sesuai dengan kondisi lapangan dan apabila tidak sesuai, kami mohon arahan dan bimbingannya untuk masyarakat Paluta yang lebih baik dan akan kami lakukan perbaikan," ucapnya.

Sementara, Ketua Tim verifikasi yakni Franchino Kurniawan menyampaikan bahwa ini merupakan rangkaian bedah dokumen yang sebelumnya sudah dilakukan terhadap dokumen STBM yang nantinya dilanjutkan dengan verifikasi lapangan untuk melihat kesiapan Kabupaten Paluta untuk melaksanakan STBM Award tahun 2024.

"Kami sangat mengapresiasi atas penerimaannya dan berharap Kabupaten Paluta bisa meningkatkan standar pelaksanaan dari Pratama ke Madya yang dibarengi dengan meningkatnya derajat kesehatan masyarakat Paluta," ucapnya.

Ia menambahkan, bahwa verifikasi penilaian dokumen oleh tim verifikator pusat ini merupakan bagian penting dalam proses penilaian dan pengakuan atas upaya daerah dalam mencapai standar sanitasi yang sehat dan berkelanjutan.

Selanjutnya akan dilaksanakan verifikasi kunjungan lapangan dimana tim Verifikator memastikan status pilar - pilar STBM benar-benar dilaksanakan di Kabupaten Paluta dimana program STBM memiliki indikator outcome dan output yang tertuang dalam 5 pilar STBM yaitu stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS), cuci tangan pakai sabun, pengamanan air minum rumah tangga, pengelolaan sampah rumah tangga dan pengelolaan limbah cair rumah tangga.

Acara yang dilaksanakan di Ruang Rapat Bupati Paluta turut dihadiri Pabung Paluta 0212/TS Mayor (Inf) Takbir Dahalu, Danramil 05/PB Kapten (Cpl) Mahmud Nasution, Danramil 06/Dolok Kapten (Inf) Jungkarnaen Siregar, jajaran Asisten dan Staf Ahli, Pimpinan OPD, Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara, Camat se Kabupaten Paluta, Kepala Puskesmas se Kabupaten Paluta dan tamu undangan lainnya. (AR)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tim Verifikasi STBM Award Tahun 2024 Kunjungi Kabupaten Paluta

Trending Now

Iklan